Tiga jamaah terpaksa ditunda berangkat karena sakit, yaitu Mursidah (91), Sumiatun (92), dan Dul Rahman (68)
Palembang (ANTARA) - Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sumatra Selatan (Sumsel) menyebutkan ada tiga calon haji yang tergabung kelompok terbang (kloter) 3 Embarkasi Palembang ditunda keberangkatannya karena sakit.

”Sebanyak 357 calon jamaah haji Embarkasi Palembang asal OKU Timur berangkat dari Palembang menuju ke Madinah, Arab Saudi, Senin (29/5) sore. Tiga jamaah terpaksa ditunda berangkat karena sakit, yaitu Mursidah (91), Sumiatun (92), dan Dul Rahman (68),” kata Kepala kanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irawan di Palembang, Senin.

Ia menjelaskan hingga hari ini total jamaah calon haji yang sudah diberangkatkan melalui Embarkasi Palembang berjumlah 1.075 orang, termasuk 15 petugas. Satu calon meninggal dunia atas nama Turiyah (71) dan empat calon jamaah haji masih dalam perawatan di rumah sakit rujukan.

“Ada empat orang yang masih dirawat, satu dari kloter 2 dan tiga dari kloter 3. Kondisi kesehatannya belum memungkinkan untuk laik terbang, kami berharap kondisi yang bersangkutan segera pulih dan dapat segera diterbangkan di kloter selanjutnya,” kata Syafitri.

Baca juga: Satu calon jamaah haji Embarkasi Palembang meninggal dunia

Sementara itu Kabag Agama Biro Kesra Sumsel Sunarto mengimbau para calon haji untuk saling menjaga dan membantu sesama.

“Saya meminta para calon haji yang muda itu agar saling menjaga dan membantu para calon haji lanjut usia (lansia). Alhamdulillah bapak dan ibu bisa diberangkatkan, oleh karena itu patut bersyukur. Selain itu ilmu yang diterima saat manasik haji kiranya dapat dipahami sehingga bapak dan ibu benar-benar bisa khusyuk beribadah,” katanya.

Kemenag Sumsel menyebutkan jumlah keberangkatan calon haji melalui Embarkasi Palembang sebanyak 8.192 orang, dengan rincian 7.012 calon jamaah haji asal Sumsel, lalu 1.065 calon jamaah haji asal Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dan 115 petugas yang terbagi menjadi 23 kloter.

Pada tahun 2023 keberangkatan jamaah calon haji itu ada perubahan konfigurasi pesawat menggunakan maskapai Saudi Airlines dengan kapasitas 360 penumpang, dimana keberangkatan haji tahun berkapasitas 450 penumpang.

Baca juga: Imigrasi Palembang turunkan tim terbaik layani pemberangkatan haji
Baca juga: Gubernur Sumsel ingatkan calon haji tetap terapkan protokol kesehatan

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023