Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) menggelar seleksi nasional (seleknas) di Balikpapan untuk mendapatkan pemain yang andal sebagai persiapan menuju ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali, 5-12 Agustus.

Dilansir dari keterangan resmi, Minggu, PB ABTI mulai menyeleksi pemain yang telah diusulkan oleh daerah.

"Atlet yang ikut seleknas adalah pemain yang diusulkan daerah. Pemain itu akan bersaing masuk kontingen Indonesia di AWBG . Seleknas yang berlangsung tiga hari diikuti sekitar 40 atlet putra dan putri," kata Ketua Umum PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar.

Zulfydar, sapaan akrabnya, mengatakan seleknas yang berlangsung di Balikpapan Kaltim langsung dipandu Kabinpres PB ABTI Suryadi Gunawan dan pelatih bola tangan pantai Indonesia Dwi Chandra dan Abdul Kadir, juga pelatih asal Denmark Tony Kjaer.

Menurut Zulfydar, seleknas harus segera digelar untuk menentukan 10 pemain putra dan 10 pemain putri yang dinyatakan layak membela tim Merah - Putih di ajang AWBG 2023 Bali pada Agustus mendatang.

Selain itu nama-nama pemain harus dikirim ke Federasi Bola Tangan dunia untuk proses entry by name pada 8 Juli. Selanjutnya para pemain yang terpilih masuk timnas akan ditempa di pemusatan latihan nasional (pelatnas) hingga melangkah ke AWBG di Bali, Agustus. 

Baca juga: Tim bola tangan putri Indonesia raih perunggu Kejuaraan Asia 2023

Dalam kesempatan itu Zulfydar mengucapkan banyak Terima kasih pada Walikota Balikpapan Rahmad Mas'Ud dan Kadisporapar Balikpapan Cokorda Ratih.

"Atas bantuannya selama ini PB ABTI bisa menggelar Seleknas dan Pelatnas Tim bola tangan putra dan putri menuju event internasional, termasuk persiapan AWBG di Bali, " tambah Zulfydar.

Kadisporapar Balikpapan Cokorda Ratih memberikan semangat pada atlet yang datang dari berbagai daerah mengikuti seleknas.

"Bagi atlet yang terpilih masuk timnas harus lebih fokus lagi latihan. Dengan harapan, memberikan hasil yang terbaik saat tampil membela Merah - Putih di Bali nantinya," katanya.


Baca juga: Bola tangan Indonesia kalahkan Kuwait pada laga penutup Kejuaraan Asia
Baca juga: Tim bola tangan pantai Indonesia menanti persaingan di AWBG Bali 2023


Dilansir dari keterangan resmi, Minggu, berikut daftar nama-nama atlet kategori putra yang menjalani seleknas di Balikpapan:
1. Muhammad Aryasatya
2. Derril
3. Zulkarnaen
4. Firman Ramadhan
5. Rapi Rajendra
6. Yugo Ariandy Saputra
7. Baso Alik Nursalim
8. Dafa Novriza
9. Abdurahman Rizqi Syam
10. Jibran
11. Frengki Rumbewas
12. Pius Mahuze
13. Rian Kurniawan
14. Hifa Firdausy P.I
15. Roger
16. Syahlan
17. Jordi
18. Alif
19. Harun
20. Hendri
21. Iqbal
22. Samsul
23. Fanni
24. Fikri
25. Putma

Berikut daftar nama-nama atlet putri yang menjalani seleknas di Balikpapan:

1. Berlian Nindita Ayu
2. Rahma Ajeng P
3. Angky Natashya Mahadewi
4. Adeiyna Kayia
5. Putri Amelya R
6. Putri Adelya R
7. Putri Aisah Maharani
8. Aina Dheanda Putri
9. Ervina
10. Intan Dwi Wulandari
11. Zelikka
12. Annisa Putri
13. Siti Ermiati
14. Nurhatina
15. Amelia Hasan
16. Engye Afrys Taruk
17. Sri Nurlinda
18. Faza Amaliah

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023