Hangzhou (ANTARA) - Rashif Amila Yaqin mendapati tangguhnya persaingan pada nomor triathlon individu putra Asian Games Hangzhou setelah finis peringkat sembilan di Chun'an Jieshou Sports Centre, Jumat.

Menghadapi level yang berbeda di Asia, atlet 21 tahun yang juara aquathlon SEA Games Kamboja 2023 itu menegaskan dirinya masih menjadi wakil terbaik di antara rival-rivalnya dari Asia Tenggara setelah catatan 1:58:13 yang ia torehkan mengungguli wakil Filipina Fernando Jose Casares (2:00:53).

Juara Asia Kenji Nener asal Jepang merebut medali emas dengan catatan 1:50:54, mengalahkan rekan senegaranya Makoto Odakura dengan margin 55 detik. Wakil Kazahkstan berhak atas perunggu setelah finis 1,31 detik berselang.

Menyelesaikan renang 1500m, Rashif mendapati posisinya di sepuluh besar dan setelah mulai mengayuh sepeda dari kilometer pertama hingga finis pada kilometer 40. Dia naik satu posisi dengan margin empat menit 57 detik dari Nener yang memimpin lomba sejak start.

Sementara itu, Casares membangun momentum menuju babak lari 7,5km dan mampu naik tiga posisi ke posisi 10 yang mengancam Rashif.

Rashif mampu menjaga keunggulannya atas wakil Filipina itu meski tak mampu memangkas defisit waktu dari para atlet terdepan dan menyentuh finis tujuh menit 19 detik dari pemenang lomba.

Baca juga: Rashif Amila sumbang emas pertama untuk Indonesia di SEA Games 2023

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023