Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan pola pengamanan untuk mengawal pendaftaran bakal capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dibagi menjadi tiga zona.

"Pola pengamanan hari ini akan saya bagi menjadi tiga zona, yaitu di Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Taman Suropati, dan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Menteng," kata Susatyo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pola pengamanan kali ini, kata dia, statis pada titik kumpul dan jalur. Sedangkan pola mobile atau bergerak dilakukan untuk penegakan hukum (gakkum) dan antisipasi. Pengalihan arus lalu lintas di sekitaran KPU akan dilakukan secara situasional dengan melihat perkembangan di lapangan terlebih dahulu.

"Andai terjadi stagnasi, baru akan kami berlakukan pengalihan arus," ujarnya.

Ia berharap kegiatan pendaftaran di KPU hari ini berjalan dengan lancar dan tertib.
 
"Kami mengimbau kepada para partisan dan simpatisan yang akan mengikuti prosesi pendaftaran untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. Kami akan jaga dan kawal sepenuhnya," kata Susatyo.
 
Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 4.325 personel untuk mengawal pendaftaran bakal calon presiden-calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ke Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Menteng, Jakarta Pusat.
 
Ribuan personel tersebut merupakan tim gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat dan TNI serta unsur dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
 
Personel tersebut tak hanya mengamankan saat pendaftaran, ribuan aparat gabungan ini juga mengamankan deklarasi Prabowo-Gibran di GBK, Senayan, sebelum ke Gedung KPU.
 
Bakal calon presiden (bacapres) dan calon wakil presiden (bacawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan datang ke KPU RI untuk menyerahkan berkas pendaftaran pada pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Lagu Prabowo RI Satu hingga selawat bergema di depan KPU RI

Baca juga: Prabowo-Gibran ke GBK awali prosesi pendaftaran capres-cawapres

Baca juga: KPU bersiap sambut hari terakhir pendaftaran capres-cawapres

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023