Jakarta (ANTARA) - Juara dayung Olimpiade Stefanos Ntouskos asal Yunani akan menjadi pembawa obor pertama yang akan memulai estafet obor Olimpiade dari Olympia ke Paris untuk Olimpiade 2024, demikian Komite Olimpiade Yunani (HOC).

Dilansir AFP, Kamis, upacara api Olimpiade akan berlangsung pada 16 April di situs kuno Olympia.

Ntouskos (26) yang menjadi pembawa obor pertama merupakan peraih medali emas dayung pertama Yunani ketika ia memenangi nomor sculss tunggal di Tokyo pada 2021.

Sekitar 600 pembawa obor akan membawa api Olimpiade dengan menempuh jarak sejauh 5.000 kilometer di sekitar Yunani, sebelum mencapai Stadion Panathenaic di Athena, tempat penyelenggaraan Olimpiade modern pertama pada 26 April 1896.

Atlet Yunani sebagai pembawa obor terakhir adalah para pemain tim polo air putra yang meraih perak di Tokyo.

Api Olimpiade itu kemudian akan meninggalkan Piraeus menuju Marseilles, Prancis, dengan diangkut kapal pelatihan layar tiga tiang, Belem, yang terdaftar sebagai monumen bersejarah.

Pelayaran tersebut dijadwalkan akan tiba di Prancis pada 8 Mei atau lebih dari dua setengah bulan sebelum dimulainya Olimpiade di Paris pada 26 Juli.

Presiden HOC Spyros Kapralos mengatakan Yunani dan Prancis dipersatukan oleh ikatan kerja sama dan solidaritas yang kuat.

"Paris akan menjadi tuan rumah Olimpiade yang luar biasa dan menunjukkan kehebatan rakyat Prancis," ujarnya.

Estafet obor Olimpiade pertama berlangsung pada tahun 1936 ketika 3.000 pembawa obor mengirimkannya dari Olympia ke Berlin.

Baca juga: Majelis Umum PBB sahkan resolusi Gencatan Senjata Olimpiade
Baca juga: Veddriq alihkan fokus ke kualifikasi lain menuju Olimpiade Paris

 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023