Palembang (ANTARA News) - Pengusaha Turki yang bergerak di bidang energi akan menjajaki investasi panas bumi di wilayah Tanjung Sakti dan Empat Lawang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumsel Robert Heri usai mendampingi pengusaha Turki menghadap Gubernur Alex Noerdin kepada wartawan di Palembang, Rabu mengatakan, memang pengusaha asing tersebut tertarik berinvestasi di Sumsel termasuk panas bumi.

Oleh karena itu pengusaha itu akan menjajaki terlebih dahulu potensi panas bumi yang akan digali tersebut.

Dengan adanya pertemuan tersebut diharapkan nantinya mereka akan melihat langsung ke lokasi selanjutnya bila potensinya memungkinkan untuk digali akan ditindaklanjuti.

Potensi panas bumi di Sumsel cukup besar sehingga pengusaha asing tersebut cukup tertarik. Bahkan, jelasnya, potensi panas bumi tersebut tersebar di beberapa kabupaten terutama di kabupaten Muaraenim yang diperkirakan cukup besar.

Kepala Badan Promosi dan Perizinan Penanaman Modal Daerah Sumsel, Permana mengatakan, pengusaha asing tersebut sudah lama tertarik terhadap panas bumi di daerah ini.

Sehubungan itu pihaknya menghadap gubenur untuk membicarakan penanaman modal asing tersebut sehingga secepatnya dapat terealisasi.

Sementera mengenai nilai investasinya sendiri, dia mengatakan, diperkirakan lebih dari Rp2 triliun. Dengan adanya investasi di daerah ini termasuk modal asing diharapkan perekonomian Sumsel semakin berkembang sekaligus kesejahteraan rakyat akan meningkat.

(U005)

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013