Jakarta (ANTARA) - Kontingen Indonesia berada di peringkat dua pada klasemen perolehan medali di ajang World Abilitysport Games (WAG) 2023 yang digelar di Nakhon Ratchasima, Thailand, Jumat.

Dikutip dari keterangan resmi Komite Paralimpiade (NPC) Indonesia, Tim Merah Putih total mengumpulkan 39 medali emas, 19 medali perak, dan enam medali perunggu. Sementara, tuan rumah Thailand keluar sebagai juara umum WAG 2023 dengan koleksi 129 medali emas, 112 medali perak dan 116 medali perunggu.

Adapun cabang olahraga para panahan, para bulu tangkis, dan para tenis meja secara total menyumbangkan sebanyak 10 medali emas di hari terakhir kompetisi tersebut.

Para panahan meraih medali emas di lima nomor berbeda. Sepasang medali emas didapat oleh Kholidin yang tampil di nomor recurve putra, dan Mahda Aulia di nomor recurve putri.

Lalu, medali emas selanjutnya masing-masing direbut oleh Kholidin dan Setiawan dari nomor recurve ganda putra, Kholidin dan Wahyu Retno dari nomor recurve ganda campuran, serta Ken Swagumilang di nomor compound putra.

Lebih lanjut, tim para bulu tangkis yang sebelumnya sudah meraih sebanyak lima medali emas, kembali menambah torehan prestasi melalui ganda putra SU5 Suryo Nugroho/Hafizh Briliansyah Prawiranegara, ganda putra SH6 yang diperkuat oleh Subhan yang berpasangan dengan pemain Thailand, Bunthan Yaemmali.

Selanjutnya ada Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah dari ganda putri SL3-SU5, dan Qonita Ikhtiar Syakuroh pada tunggal putri SL3.

Sebelumnya, para bulu tangkis Indonesia meraih lima medali mas yang diraih oleh ganda campuran SL3-SU5 Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila, tunggal putra SH6, Subhan tunggal putra SL4 Fredy Setiawan.

Medali emas selanjutnya dipersembahkan oleh tunggal putri Leani Ratri Oktila, dan tunggal putra SU5 Suryo Nugroho.

Di sisi lain, medali emas selanjutnya didapatkan dari cabang olahraga para tenis meja nomor ganda campuran XD10 Tatok Hardiyanto/Leli Marlina.

Baca juga: Para bulu tangkis Indonesia borong lima emas di WAG 2023 Thailand
Baca juga: Para atletik sumbang emas di World Abilitysport Games 2023
Baca juga: Para balap sepeda dan tenis meja tambah emas Indonesia di WAG 2023


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023