Jakarta (ANTARA) - Tim Jawa Barat (Jawa Barat) mempertahankan dominasinya di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung 2023 dengan raihan 20 medali emas dari 45 medali emas yang disediakan.

Kompetisi yang juga menjadi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional 2024 berlangsung di dua tempat yang berbeda. Pertama di Waduk Cipule, Karawang, Jawa Barat untuk nomor canoeing, Traditional Boat Race (TBR) atau Dragon Boat Races (DBR), dan Rowing pada 16 November sampai 1 Desember. Sedangkan nomor canoe slalom, rowing beach sprint, dan Stand Up Paddle berlansgung di Pantai Karnaval, Jakarta, pada 2 hingga 9 Desember.

Manajer tim dayung Jabar Alia Maedina bersyukur tim asuhannya mampu membawa pulang 20 medali emas, 12 medali perak, dan delapan medali perunggu.

“Alhamdulillah sesuai target. Walaupun tim Jabar hanya melaksanakan pemusatan latihan daerah selama tiga bulan dan tujuh atlet rowing top Jabar tidak diikutsertakan dalam Kejurnas karena harus berkonsenstrasi ke pra-Olimpiade pada April 2024,” kata Alia seperti dikutip dari laman resmi PODSI.

Sebanyak tujuh pedayung papan atas Jabar tidak mengikuti Kejurnas 2023 dan mendapatkan wild card untuk tampil di PON 2024. Mereka adalah Melani Putri, Kakan Kusmana, Rendi Setia Maulana, Rifqi Harita Taufiqurahman, Rafiq Wijdan Yasir, Ferdiansyah, dan Denri Maulidzae Al Ghifari.

Mereka harus berkonsentrasi ke babak pra-Olimpiade yang akan berlangsung di Jepang pada April 2024.

Baca juga: PODSI siapkan 24 atlet dayung kejar target lolos kualifikasi Olimpiade

Pada Kejurnas Dayung 2022, tim Jabar juga menjadi peraih medali terbanyak dari 25 provinsi yang mengikutinya. Saat itu tim Jabar memboyong 22 medali emas, 14 medali perak, dan 10 medali perunggu, dari 50 nomor lomba.

Sementara itu, posisi kedua pada Kejurnas Dayung 2023 ditempati oleh tim DKI Jakarta dengan perolehan 11 medali emas, delapan medali perak, dan sepuluh medali perunggu.

Sedangkan untuk posisi ketiga dihuni tim Sulawesi Tengah dengan empat medali emas dan dua medali perak, diikuti tim Maluku di posisi keempat dengan empat medali emas dan satu medali perak.

Terdapat delapan provinsi yang gagal membawa pulang satu pun medali dari Kejurnas Dayung 2023. Mereka adalah tuan rumah PON 2024 Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Lampung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara, Bali, dan Maluku Utara.

Baca juga: Juara dayung Yunani Ntouskos pembawa obor pertama Olimpiade 2024
Baca juga: Atlet dayung Aidah Sitianingsih raih perunggu di Kejuaraan Dunia SUP


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023