Sabtu besok, saya akan ke Palembang untuk melakukan pengecekan soal venue panahan yang belum sempurna dan stadion baru di sana harus selesai, scoring board untuk aquatic, itu bisa dicek,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo segera mengunjungi Palembang untuk memeriksa kesiapan arena panahan yang masih dipermasalahkan oleh para peserta Islamic Solidarity Games (ISG).

"Sabtu besok, saya akan ke Palembang untuk melakukan pengecekan soal venue panahan yang belum sempurna dan stadion baru di sana harus selesai, scoring board untuk aquatic, itu bisa dicek," ujar Roy Suryo di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Rabu.

Roy menanggapi kekecewaan Sekretaris Jenderal The Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF), Faisal A. Al-Nassar, atas kesiapan sejumlah tempat pertandingan Islamic Solidarity Games (ISG) III , terutama panahan.

Ia mengatakan permasalahan arena panahan bukanlah sesuatu yang besar karena venue-venue lain sudah dalam keadaan siap pakai.

"Hari ini juga akan mengadakan rapat koordinasi dengan Ketua KOI, Rita Subowo untuk membicarakan hal teknis tersebut," ujar dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal The Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF), Faisal A. Al-Nassar, menyatakan kecewa atas kesiapan sejumlah tempat pertandingan Islamic Solidarity Games (ISG) III, terutama panahan.

Kekecewaan itu disampaikan Faisal di hadapan peserta rapat panitia, Chief de Mission (CDM) atau para Ketua Kontingen, dan delegasi teknis negara-negara peserta di Palembang, Senin (19/8).

"Kemarin kami baru melihat langsung kesana dan kami kecewa atas progresnya," kata Faisal.

Atas temuan tersebut, ISSF, lanjutnya, meminta panitia untuk mempercepat proses pembangunannya agar semua rencana dapat terlaksana sesuai jadwal yang telah disepakati. ISG III berlangsung di Palembang, pada 22 September hingga 1 Oktober mendatang.

Namun sepekan sebelum pembukaan, beberapa cabang olahraga seperti sepakbola dan bola basket sudah memulai pertandingan.Walau ada rasa kecewa dan khawatir, Faisal A. Al-Nassar tetap meyakini seluruh fasilitas penunjang dapat selesai dua pekan ke depan.

Keyakinan itu ia sampaikan setelah mendapatkan penjelasan langsung dari panitia pusat dan daerah yang hadir dalam pertemuan itu.

"Panitia berjanji semuanya akan selesai paling lambat dua pekan lagi. Insya Allah semuanya siap," katanya.

Ia juga meminta media massa ikut memantau secara langsung setiap perkembangan pembangunan dan kesiapan panitia di Palembang agar ISG III terlaksana tepat waktu. Menurut dia, pantauan dan pemberitaan media masa akan menjadi bahan evaluasi bagi ISSF.

"Kalau venue lain kami yakin akan selesai, kami ingin dukungan media massa," ujarnya.

(A063/A020)

Pewarta: Azis K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013