Jakarta (ANTARA) - Tim putra Bintang Mahameru Sejahtera Kabupaten Bekasi menundukkan Surabaya Flame dengan skor 3-1 (29-27, 25-17, 22-25, 25-17) pada pertandingan perdana babak final four Kejuaraan Bola Voli Nusantara Cup 2024 di GOR UNY Yogyakarta, Minggu (17/3).

Pertandingan di set pertama berjalan sengit dengan Surabaya Flame mendominasi hingga interval set pertama dengan keunggulan tiga poin, 12-9. Namun, Bintang Mahameru mampu membalikkan keunggulan menjadi 15-14. Pertandingan pun berjalan dengan saling jual beli serangan hingga Bintang Mahameru menutup set pertama dengan kemenangan 29-27.

Memulai set kedua, Bintang Mahameru menguasai tempo permainan dan unggul 13-9 di pertengahan set. Berada di atas angin, Bintang Mahameru menutup set kedua dengan kemenangan 25-17.

Di set ketiga, Surabaya Flame mencoba tampil keluar dari tekanan dan menutup interval dengan keunggulan 12-11. Dominasi Surabaya Flame terus berlanjut dan menutup set ketiga lewat kemenangan 25-22.

Pada set keempat, Bintang Mahameru bermain lebih solid dan kerap memanfaatkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan pemain Surabaya Flame.

Gaya permainan Bintang Mahameru yang berubah di set kali ini membuat Surabaya Flame kesulitan mengembangkan permainan. Bintang Mahameru menyudahi pertandingan dengan kemenangan 25-17.
 
Manajer tim Surabaya Flame Hadi Sampurno mengatakan timnya seharusnya bisa memetik kemenangan di set pertama.

Baca juga: Petrokimia petik kemenangan perdana di final four Nusantara Cup 2024

"Kita kalah start di set awal itu. Harusnya kita di set pertama itu menang, sehingga kita lebih mudah di set berikutnya," ujar Hadi dikutip dari keterangan resmi PP PBVSI.
 
Menurutnya, tim asuhan Novie Efendi tersebut banyak kehilangan poin karena blok yang kurang baik. "Kita kalah di blok," kata Hadi.
 
Sementara itu, pelatih Bintang Mahameru Ariyanto mengatakan timnya kecolongan pada set ketiga karena salah satu pemainnya cedera.

"Set keempat saya ganti pemainnya, sehingga kita mampu meraih set keempat itu," kata Ari.

Baca juga: PBVSI panggil 14 pemain timnas Indonesia jelang lawan Red Sparks
Baca juga: Red Sparks lawan All Star Indonesia jadi sportainment sambut Proliga

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024