Jalan tol dari Bayung Lencir-Tempino sudah 80 persen,
Jambi (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan  progres pembangunan jalan Tol Bayung Lencir-Tempino, Jambi, sudah mencapai 80 persen.

"Jalan tol dari Bayung Lencir-Tempino sudah 80 persen," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jambi, Jumat.

Basuki mengatakan pembangunan jalan tol seksi 3 Bayung Lencir - Tempino tersebut ditargetkan selesai pada Juli 2024. Ruas jalan Tol Bayung Lencir - Tempino memiliki panjang jalan 33 kilometer.

"Kemudian yang Tempino Jambi akan dimulai pada Senin besok land clearing. Kemudian dari Betung ke Bayung Lencir juga mulai kerja," kata dia.

Baca juga: Menteri PUPR targetkan pembangunan Tol Palembang-Betung tuntas 2025

Dia menargetkan pembangunan jalan Tol Jambi - Pelembang selesai pada kuartal pertama 2025.

"Tapi nanti di 2025 kuartal pertama Jambi - Palembang sudah tersambung," kata nya.

Atas kelancaran pembangunan jalan tol tersebut, Basuki mengucapkan terima kasih untuk dukungan kelancaran pembangunan jalan tol termasuk proses pembebasan lahan.

"Kalau lahan sudah bebas konstruksi akan lebih cepat, biasa yang lama itu pembebasan lahan," kata Basuki.

Dia juga memastikan tidak ada lagi kendala dalam pembangunan jalan tol di Jambi. Tol Bayung Lencir - Tempino ini dapat memperlancar lalu lintas Jambi menuju Sumatera Selatan, menghemat waktu tempuh perjalanan hingga 50 persen, menghemat biaya logistik dan menumbuhkan perekonomian daerah.

Baca juga: Pembangunan akses tol BORR dari OCBD masuki tahap akhir

Sebelumnya Menteri PUPR sudah meninjau proses pembangunan jalan tol tepatnya di ruas Palembang - Betung. Pembangunan jalan tol ini ditargetkan tuntas pada 2025.
 

Pewarta: Tuyani
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024