Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otomotif asal Korea Selatan Hyundai Motor Group menggandeng pemain industri kimia Jepang Toray Group untuk penggunaan serat karbon pada kendaraan.

Yonhap, Kamis (18/4), melaporkan bahwa Hyundai dan Toray berencana mengembangkan plastik yang diperkuat dengan serat karbon dan sejumlah material ringan lainnya melalui kesepakatan bisnis terbaru itu.

Material-material tersebut, kata Hyundai, dapat menambah performa sekaligus keamanan kendaraan. Hyundai juga ingin menerapkan material baru untuk kendaraan mereka, selain berupaya menjadi yang terdepan dalam inovasi.

Baca juga: Material "carbon" diklaim turut membantu memangkas emisi karbon

Baca juga: BMW berpotensi hadirkan opsi atap serat karbon ke M240i 2024


Penandatanganan kesepakatan dilakukan di markas Hyundai di bagian selatan ibu kota Seoul. Direktur Divisi Platform Kendaraan Tingkat Lanjutan Hyundai Song Chang-hyeon mengatakan mereka meletakkan iklim kompetitif dengan menjadi yang pertama di pasar melalui gabungan teknologi Hyundai Group dengan material Toray Group.

Sementara Direktur Toray Group Mitsuo Ohya mengatakan mereka akan mengembangkan material inovatif dan teknologi bersama Hyundai Motor Group.

Serat karbon banyak digunakan di industri otomotif antara lain untuk mobil dan pesawat terbang. Material itu memiliki keunggulan antara lain ringan, kuat, dan tahan panas.

Baca juga: Toyota akan gunakan serat karbon untuk atap sedan

Baca juga: Mobil Nissan mendatang berbahan serat karbon, layaknya mobil balap

Baca juga: Hyundai-Exide Energy bermitra produksi sel baterai kendaraan listrik
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024