Jakarta (ANTARA) - Enam negara memastikan diri lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024 setelah melalui matchday kedua fase grup yang rampung Sabtu kemarin.

Keenam negara tersebut adalah Qatar, Jepang, Korea Selatan, Saudi Arabia, Uzbekistan dan Vietnam yang masing-masing telah mengamankan enam poin.
 
Sementara itu, dua tempat tersisa masih akan diperebutkan tiga negara di Grup A dan dua negara di Grup C pada pertandingan terakhir fase Grup Piala Asia U-23.
 
Berikut rekap matchday kedua Piala Asia U-23 2024:
 
Grup A
 
Qatar tercatat sukses mengamankan poin penuh pada pertandingan kedua fase Grup A dengan mengalahkan Yordania 2-1 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Jumat dini hari WIB.
 
Hasil tersebut membuat Qatar kokoh pada puncak klasemen sementara Grup A dengan torehan enam poin dari dua pertandingan dan menyegel status juara grup.
 
Qatar masih menyisakan satu pertandingan lagi menghadapi Australia yang akan digelar di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Minggu pukul 22.30 WIB.
 
Selain itu, di Grup A posisi kedua kini ditempati oleh Indonesia yang pada pertandingan kedua mampu mengalahkan Australia dengan skor 1-0 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis malam.
 
Selanjutnya Indonesia hanya perlu mengamankan satu poin saja ketika berjumpa Yordania pada pertandingan ketiga Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu pukul 22.30 WIB, untuk memastikan diri melaju ke babak perempat final.
 
Secara matematis, satu tempat tersisa masih dapat diperebutkan oleh tiga negara yaitu Indonesia, Yordania dan Australia, namun banyak hitung-hitungan yang akan menentukan.
 
Berikut klasemen sementara Grup A:
 
No Negara Main SG Poin
1 Qatar 2 3 6
2 Indonesia 2 -1 3
3 Yordania 2 -1 1
4 Australia 2 -1 1
 
 
 
​​Jadwal pertandingan matchday keempat Grup A:
 
Yordania vs Indonesia 22.30 WIB
 
Qatar vs Australia 22.30 WIB
 
Grup B
 
Selanjutnya di Grup B Jepang dan Korea Selatan memastikan diri lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan lawan-lawannya pada pertandingan kedua.
 
Jepang tercatat mampu mengalahkan Uni Emirat Arab dengan skor 2-0 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha dan untuk sementara menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup B dengan enam poin dari dua pertandingan.
 
Sementara itu, Korea Selatan menundukkan China dengan skor 2-0 melalui dua gol yang dicetak Lee Young-jun di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat malam dan kini menempati posisi kedua klasemen sementara Grup B.
 
Kedua tim selanjutnya akan bertemu pada partai pamungkas Grup B untuk menentukan status juara grup di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Senin (22/4) pukul 20.00 WIB.
 
Selain itu, ada juga pertandingan yang sudah tidak menentukan antara Uni Emirat Arab yang berjumpa China di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, di hari dan jam yang sama.
 
Berikut klasemen sementara Grup B:
 
No Negara Main SG Poin
1 Jepang 2 3 6
2 Korea Selatan 2 3 6
3 China 2 -3 0
4 Uni Emirat Arab 2 -3 0
 
 
 
Jadwal pertandingan matchday keempat Grup B:
 
Senin (22/4)
 
Jepang vs Korea Selatan 20.00 WIB
 
Uni Emirat Arab vs China 20.00 WIB
 
Grup C
 
Pada Grup C, Saudi Arabia memastikan diri lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 dengan status juara grup setelah mampu mengalahkan Thailand dengan skor 5-0 di Stadion Khalifa International, Doha, Jumat malam WIB.
 
Selain itu, ada pertandingan di mana Irak mampu mengamankan kemenangan 4-2 atas Tajikistan di Stadion Al Janoub, Al Wukair, Sabtu dini hari WIB.
 
Kini Arab Saudi menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup C dengan torehan enam poin dari dua pertandingan dan sudah dipastikan menyegel status juara grup.
 
Satu tempat tersisa akan diperebutkan oleh Thailand dan Irak yang kini sama-sama mengumpulkan tiga poin dari dua pertandingan, namun Skuad Gajah Putih unggul head to head atas Singa Mesopotamia.
 
Thailand hanya perlu minimal mengamankan satu poin ketika bertemu dengan Tajikistan pada pertandingan terakhir Grup C di Stadion Al Janoub, Al Wukair, Senin (22/4) pukul 22.30 WIB, untuk memastikan diri lolos ke perempat final dengan status runner-up Grup C.
 
Skenario tersebut harus dibarengi dengan kegagalan Irak mengamankan poin ketika berjumpa Arab Saudi di Stadion Khalifa International, Doha, di waktu yang sama.
 
Berikut klasemen sementara Grup C:
 
No Negara Main SG Poin
1 Arab Saudi 2 7 6
2 Thailand 2 -3 3
3 Irak 2 0 3
4 Tajikistan 2 -4 0
 
 
 
Jadwal pertandingan matchday keempat Grup C:
 
 
 
Senin (22/4)
 
Arab Saudi vs Irak 22.30 WIB
 
Thailand vs Tajikistan 22.30 WIB
 
Grup D
 
Sementara itu di Grup D dua negara sudah memastikan diri melaju ke babak perempat final yaitu Uzbekistan dan Vietnam setelah masing-masing mengamankan enam poin dari dua pertandingan.
 
Uzbekistan sukses mengamankan telak 5-0 atas Kuwait di Stadion Al Janoub, Al Wukair, Sabtu malam WIB dan membuat mereka kini bercokol di peringkat pertama klasemen sementara Grup D.
 
Sementara itu, Vietnam berhasil mengalahkan sesama negara Asia Tenggara Malaysia dengan skor 2-0 di Stadion Khalifa International, Doha, Sabtu malam WIB dan menempati peringkat kedua.
 
Selanjutnya Uzbekistan dan Vietnam akan bertemu pada pertandingan ketiga Grup D di Stadion Khalifa International, Doha, Selasa (23/4) pukul 22.30 WIB, untuk memperebutkan status juara grup.
 
Selain itu, ada juga pertandingan yang sudah tidak menentukan antara Kuwait dan Malaysia di Stadion Al Janoub, Al Wukair, Selasa (23/4) pukul 22.30 WIB.
 
Berikut klasemen sementara Grup D:
 
No Negara Main SG Poin
1 Uzbekistan 2 7 6
2 Vietnam 2 4 6
3 Malaysia 2 -4 0
4 Kuwait 2 -7 0
 
 
 
Jadwal pertandingan matchday keempat Grup D:
 
Selasa (22/4)
 
Kuwait vs Malaysia 22.30 WIB
 
Uzbekistan vs Vietnam 22.30 WIB.

Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2024