Apa yang telah diprogramkan Presiden Jokowi itu akan dilanjutkan Presiden (dan Wapres) terpilih Prabowo-Gibran.
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Tenaga Ahli Utama Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang telah ditetapkan menjadi program skala prioritas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan dilanjutkan pada masa kepemimpinan Prabowo-Gibran.

"Apa yang telah diprogramkan Presiden Jokowi itu akan dilanjutkan Presiden (dan Wapres) terpilih Prabowo-Gibran. Baik itu pembangunan di Ibu Kota Nusantara maupun destinasi KEK Mandalika," kata Ngabalin, usai menghadiri acara KSP Mendengar 10 Tahun Pemerintahan Jokowi yang dihadiri kelompok disabilitas dan penerima manfaat bantuan sosial, di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis.

Sirkuit MotoGP yang telah dibangun di KEK Mandalika diharapkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu, bisa meningkatkan investasi dan peningkatan kunjungan wisatawan di NTB khususnya.

"Fasilitas pendukung pasti dilanjutkan untuk peningkatan investasi di KEK Mandalika," katanya pula.

Ia mengatakan 10 tahun untuk mengembalikan posisi Indonesia menjadi sebuah negara yang makmur, negara yang sejahtera bagi kepemimpinan Presiden Jokowi itu tidak cukup. Karena itu, keberhasilan seorang pemimpin adalah bagaimana dia mempersiapkan pemimpin untuk bisa melanjutkan apa-apa yang telah diprogramkan dan yang telah dicanangkan.

"Hal itu menjadi bagian yang sangat amat penting bagi keberhasilan seorang pemimpin, itulah yang ada pada Presiden Joko Widodo," katanya lagi.

Dia mengatakan program-program apa yang harus dan untuk dilanjutkan, seperti Joko Widodo telah membangun sarana dan prasarana bagi kemajuan NTB, seperti Sirkuit Mandalika.

"Selanjutnya kita butuh banyak hotel di sinilah selanjutnya kita butuh membangun sebuah masyarakat yang sadar akan pariwisata luar biasa dampak terhadap peningkatan ekonomi," katanya lagi.

Program yang direncanakan Jokowi itu dipikirkan juga oleh Prabowo dan Gibran, untuk melanjutkan kerja-kerja hebat. Hal ini hanya bisa dilaksanakan pemimpin-pemimpin yang punya integritas yang dimiliki oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Seorang pemimpin yang berhasil adalah dia bisa menyiapkan pemimpin penggantinya untuk meneruskan apa-apa yang dipikirkan dan diprogramkan," katanya pula.
Baca juga: Mandalika dan misi pembangunan sentra ekonomi
Baca juga: Menyelaraskan tradisi "Bau Nyale" dengan pengembangan KEK Mandalika


Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024