Jakarta (ANTARA) -
Calon peserta membeludak untuk mendaftar turnamen Mandiri 3X3 Indonesia di Kota Medan, Sumatera Utara.
 
Penanggung Jawab turnamen Mandiri 3X3 Indonesia, Chaerul Aziz, mengungkapkan peserta yang mendaftar di Medan telah melebihi kuota yang ditetapkan panitia sebanyak 84 tim, guna mengikuti tahapan play-in pada 27 April 2024.
 
"Di Medan, tim yang mendaftar lebih dari 84 tim, yaitu lebih dari 100 tim. Dengan pendaftar yang membeludak, terpaksa kami tutup pendaftaran sehari lebih cepat dari jadwal semula," kata Chaerul dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.
 
Pembatasan tim, tambah dia, terpaksa dilakukan oleh panitia, karena pertimbangan waktu terkait pelaksanaan play-in yang harus selesai dalam satu hari.
 
Total 84 tim yang dibatasi itu terdiri dari lima kategori atau kelompok umur (KU) yang akan dipertandingkan, yaitu KU-12 campuran (putra dan putri), KU-15 putra, KU-18 putra, KU-23 putra, dan KU-23 putri.
 
Chaerul menyampaikan bahwa bagi tim yang belum tertampung untuk mendaftar di Medan, diimbau untuk mendaftar di Kota Pematang Siantar, guna mengikuti tahapan play-in pada 28 April mendatang.
 
Ia membeberkan, turnamen itu sudah memasuki tahun ketiga pelaksanaan dan baru pertama kali dilakukan di luar Pulau Jawa, sehingga disebut dengan Regional Sumatera dan juga yang ada di Sulawesi.
 
Setelah melaksanakan tahapan play-in di Medan dan Pematang Siantar, final Regional Sumatera akan dilakukan kembali di Medan pada 1 Mei.


 
 
Lebih lanjut dia membeberkan, dari dua kali tahapan play-in di dua tempat berbeda, panitia mengambil tiga tim terbaik di masing-masing kategori dari dua kota itu untuk dipertandingkan dalam final regional.
 
Total akan ada 30 tim yang bersaing di final regional Kota Medan nanti.
 
Chaerul menambahkan, turnamen tahun ini sedikit berbeda dengan yang sebelumnya, karena juara di masing-masing regional tidak diadu kembali di level nasional.
 
Selain Regional Sumatera, pelaksanaan turnamen Mandiri 3X3 Indonesia kali ini juga digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan sebagai tempat pelaksanaan Regional Sulawesi.
 
Kemudian, untuk Regional Jawa tahapan play-in dilaksanakan di sejumlah kota, seperti Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya. Sedangkan final regional berlangsung di Yogyakarta, pada 23 Juni 2024.
 
"Pada pelaksanaan tahun ini juga digelar kategori umum untuk memperebutkan tiket Lite Quest. Kategori ini hanya menampung 16 tim saja. Pemenangnya nanti akan tampil Quest di Jepang, Malaysia, atau China, ujar dia.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024