Jakarta (ANTARA) - Kompetisi Mandiri 3x3 Indonesia Tournament yang diselenggarakan di luar Pulau Jawa, khususnya di Sumatera Utara pada tahun ini berdampak pada pengembangan talenta pebasket muda secara menyeluruh di tingkat nasional.

“Kami berharap dengan adanya Mandiri 3X3 Indonesia Tournament ini membuka kans pebasket muda Sumut bersaing di level nasional dan menjadi tumpuan di timnas,” kata Ketua Umum Pengurus Provinsi Perbasi Sumatera Utara Iwan Hartono Alam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Iwan menjelaskan penyelenggaraan kompetisi 3x3 di Sumatera Utara disambut baik oleh masyarakat karena wilayah tersebut memiliki animo yang luar biasa untuk pengembangan basket usia muda.

"Kami bangga dan senang menjadi bagian dari penyelenggaraan Mandiri 3X3 Indonesia Tournament. Kami telah melihat euforianya di media pada pelaksanaan sebelumnya dan kini kami setelah menunggu lama akhirnya bisa ikut ambil bagian jadi penyelenggara,” kata Iwan.

Saat ini pebasket muda di Sumatera Utara sudah ada yang tergabung dalam program Patriots dari Perbasi untuk dikirim berlatih ke Lithuania. Selain itu, Sumatera Utara juga memiliki satu pemain yang mengikuti seleksi timnas basket putra 5 on 5 yang dikhususkan untuk kompetisi SEABA U-18 2024.

Baca juga: Calon peserta membeludak untuk daftar turnamen Mandiri 3X3 di Medan

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament tahun ini memasuki tahun ketiga. Pada dua edisi sebelumnya, pelaksanaan terkonsentrasi di Pulau Jawa. Pada edisi tahun ketiga ini, pelaksanaan merambah ke luar Jawa di mana Kota Medan dipilih untuk menjadi penyelenggara Regional Sumatera.

Pelaksanaan di Regional Sumatera diawali dengan Play-in Tournament tahap 1 di GOR Dispora Veteran Medan. Play-in Tournament tahap II awalnya akan dilakukan di Pematang Siantar namun kemudian digeser ke Medan. Pelaksanaannya dilakukan di arena yang sama yaitu Lapangan Veteran, pada 28 April.

Ada lima kategori yang dipertandingkan, mulai dari kategori KU-12 Mix, KU-15 Putra, KU-18 Putra, serta KU-23 Putra dan putri. Peserta yang ikut di dua tahap Play-in Tournament ini terdapat 139 tim.

Kemudian setiap kategori akan mengirimkan tim terbaiknya di babak Regional Sumatera yang akan berlangsung pada 1 Mei di Lapangan Benteng, Medan.

Penanggung Jawab Penyelenggara Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Chaerul Aziz menjelaskan bahwa dari setiap kategori akan dipilih tiga tim terbaik. Dengan pelaksanaan dua kali turnamen play-in, maka akan ada masing-masing enam tim mewakili masing-masing kategori di final regional Sumatera.

“Dengan tahapan ini, total akan ada 30 tim dari semua kategori di Final Regional Sumatera. Mereka akan kembali diadu untuk mendapatkan sang juara di masing-masing kategori,” kata Chaerul Aziz.

Baca juga: Perbasi perbanyak "workshop" guna dongkrak pertumbuhan "event maker"
Baca juga: Waketum PP Perbasi: Terbuka kemungkinan membuat liga 3X3 di Indonesia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024