Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan kedisiplinan yang tinggi menjadi faktor penting yang mengantar Tim Nasional Indonesia U-23 melangkah ke semifinal Piala Asia U-23 2024.

"Perjuangan (Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024) ini tidak sia-sia, kedisiplinan yang membawa mereka sampai di titik ini," ujar Dito seperti dikutip dari akun instagram pribadinya: @ditoariotedjo di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, lolosnya skuad Garuda Muda ke semifinal Piala Asia merupakan sejarah baru untuk sepak bola Indonesia.
 

Para pemain, kata dia, telah berjuang keras selama lebih dari 2 jam hingga gol terakhir dari Pratama Arhan saat drama adu penalti berhasil membawa Merah Putih melangkah lebih jauh ke babak semifinal.

Dito mengatakan, perjuangan yang berbuah kemenangan itu tak terlepas dari semangat berjuang dan kedisiplinan tinggi para pemain selama mereka berproses di luar hingga si dalam lapangan.

"Alhamdulillah semangat para atlet tidak kendor," ujarnya.

Baca juga: Media Qatar akui kegigihan timnas Indonesia saat kalahkan Korsel

Dito juga menyampaikan apresiasi kepada Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong serta Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir atas hasil luar biasa yang dicapai timnas dalam ajang tersebut.

Dengan kemenangan itu, kata dia, Timnas Indonesia tinggal selangka lagi mengantongi tiket berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024.

Oleh sebab itu, ia meminta dukungan dan doa dari seluruh elemen masyarakat Indonesia agar timnas terus melesat hingga ke ajang kompetisi olahraga tertinggi dunia.

Timnas Indonesia meraih kemenangan dramatis atas Korea Selatan pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024 melalui adu penalti dengan skor 11-10, setelah menyudahi pertandingan dengan skor 2-2.

Kemenangan itu mengantar tim Merah Putih menuju semifinal Piala Asia sekaligus memperlebar peluang menuju Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Melongok lagi perjalanan Garuda Muda di pentas Piala Asia

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024