Jakarta (ANTARA) - Tim modern pentathlon Indonesia (MPI) mengukir prestasi gemilang di Kejuaraan Asia Tenggara 2024 Chonbury, Thailand, dengan membawa pulang dua medali emas, enam medali perak, dan dua medali perunggu.

Ketua Umum Pengurus Pusat Modern Pentathlon Indonesia (MPI) Purwoko Aji Wibowo mengapresiasi pencapaian para atlet binaannya tersebut, saat menjemput mereka di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat.

“Untuk pencapaian saat ini saya kira sudah cukup luar biasa, tetapi ini menjadi pelajaran, jangan cepat puas," kata Purwoko seperti dikutip dari keterangan resmi tertulis yang diterima pewarta.

Purwoko menyebut bahwa partisipasi di Kejuaraan Asia Tenggara di Thailand tersebut sebagai bagian untuk mematangkan para atlet modern pentathlon menuju SEA Games 2025.

“Karena kita akan menghadapi SEA Games tahun depan, dan juga akan digelar di Thailand. Paling tidak atlet kita sudah melihat lokasi, sudah melihat tempat bertanding. Kemudian menjajal yang nanti akan menjadi calon lawan," ucapnya.

Perwira TNI berpangkat Marsekal Muda tersebut mengatakan bahwa PP MPI saat ini tengah melakukan penjaringan atlet modern pentathlon, dengan menggelar beberapa kejuaraan nasional yang diikuti para perwakilan provinsi.

“Tahun ini kita sudah sampai kepada pengurus provinsi untuk menyiapkan atlet kembali. Akhir Mei kita akan adakan Kejurnas MPI, kita undang seluruh provinsi yang sudah masuk dalam anggota MPI untuk turut serta," pungkasnya.

Dua medali emas Kejuaraan Asia Tenggara Thailand 2024 itu diraih Graha Rizki untuk kelas battle, dan Caroline untuk kelas triatle. Sedangkan medali-medali perak dan perunggu dimenangi bersama atlet-atlet negara lain.

Baca juga: Pentathlon Indonesia targetkan juara umum pada dua kejuaraan Asia
Baca juga: KONI Pusat harap modern pentathlon jadi cabor unggulan Indonesia


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024