Jakarta (ANTARA) - Liverpool hanya memetik satu poin setelah ditahan imbang 2-2 oleh West Ham 2-2 di Stadion Olimpiade London pada Sabtu malam WIB.

Tuan rumah unggul lebih dahulu melalui gol Jarrod Bowen sebelum Andrew Robertson menyamakan kedudukan. The Reds berbalik unggul berkat gol  bunuh diri penjaga gawang Alphonse Areola, tapi Michail Antonio menyelamatkan West Ham dari kekalahan.

Liverpool menjadi kian tertinggal dalam perebutan juara Liga Premier Inggris musim ini.

Skuad asuhan Jurgen Klopp kini menempati peringkat tiga dengan 75 poin dari 35 pertandingan, tertinggal dua poin dari Arsenal yang memuncaki klasemen dan baru bertanding melawan Tottenham besok.

The Gunners juga terpaut satu poin dari Manchester City yang menduduki posisi kedua setelah memainkan 33 pertandingan.

West Ham masih urutan kedelapan dengan 49 poin dari 35 pertandingan, demikian laman Liga Inggris.

Baca juga: Arne Slot "here we go" untuk jadi pelatih Liverpool musim depan

Klopp merotasi lini depannya dengan membangku cadangkan Darwin Nunez dan Mohamed Salah yang tampil mengecewakan saat dikalahkan Everton.

The Reds mengandalkan Harvey Elliott, Cody Gakpo, dan Luis Diaz sebagai trisula serangan.

Liverpool langsung menggebrak sampai menciptakan peluang  pada menit ke-3.

Harvey Elliott yang tak terkawal di sisi kanan kotak penalti menyambar bola, tetapi bola hanya mengenai sisi luar jaring gawang.

West Ham hampir dihukum penalti setelah handball dan Cody Gakpo terjatuh di kotak penalti. Namun, wasit tidak memberikan penalti setelah dari VAR terlihat Luis Diaz lebih dulu offside.

Liverpool tak patah orang. Mereka  menciptakan sejumlah peluang melalui Alexander-Arnold dan Luis Diaz.

Namun West Ham juga menciptakan peluang lewat tembakan Jarrod Bowen yang ditepis Alisson untuk  menghasilkan sepak pojok.

Baca juga: Aston Villa dalam perjalanan membuat sejarah

Sepak pojok tersebut berujung gol untuk West Ham pada menit ke-43. Bola dioper pendek kepada Mohammed Kudus di sisi kiri yang kemudian mengirimkan umpan silang ke kotak penalti untuk dituntaskan Bowen dengan sundulan.

Selepas turun minum, Liverpool langsung menggebrak. Tiga menit setelah laga babak kedua dimulai, tim tamu mencetak gol balasan lewat sepakan Andy Robertson.

Liverpool menyerang lewat Luis Diaz yang kemudian mengoper Robertson. Bek kiri itu lalu melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti yang gagal dihentikan Areola.

Liverpool berbalik unggul 2-1 pada menit ke-65. Berawal dari tendangan sudut, bola yang dibelokkan ke tiang jauh disambar oleh Gakpo. Bola sempat mengenai tiga pemain West Ham sebelum mengenai Areola untuk masuk gawang sendiri.

Setelah berbalik unggul, Liverpool justru kecolongan pada menit ke-77.

Michail Antonio mencetak gol penyeimbang setelah mengecoh dua pemain Liverpool sebelum menanduk bola dari umpan silang Bowen. Kedudukan berubah 2-2.

Baca juga: Menang telak 4-0 lawan Brighton, Manchester City tempel ketat Arsenal

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024