Jakarta (ANTARA) - Tim pelatih tim U-16 memanggil sebanyak 10 pemain dari asosiasi provinsi dan diaspora dipanggil untuk ikut menjalani seleksi tim U-16 melalui pemusatan latihan di Yogyakarta.

"Ada 10 pemain masuk dari asprov dan diaspora untuk dilihat dan seleksi oleh para jajaran pelatih tim," ujar asisten tim pelatih Haryanto Prasetyo Adi Utomo seperti dikutip dari laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, Jumat.

Ke-10 pemain itu adalah Diego Andres, Mathew Baker, Muhammad Rayhan, Rafi Habibi, Ocean Erwin, Miroslav Fernando, Lucas Rafael, Eizar Jacob, Oktavianus Alwi, dan Naufal Abdul.

Ia menjelaskan, selain pemain yang dipanggil, terdapat enam pemain yang dipulangkan setelah menjalani pemusatan latihan bersama 30 pemain lainnya.

"Ada pemain yang didatangkan lagi sehingga beberapa main dipulangkan karena kuota hanya cukup 40 orang," katanya.

Haryanto menjelaskan, sistem promosi dan degradasi terus dilakukan untuk menyiapkan Timnas Indonesia U-16 terbaik dalam menghadapi kompetisi.

Baca juga: Nova puas pada kualitas pemain seleksi tahap kedua timnas U-16

Selama pemusatan latihan, para pemain mendapat berbagai macam materi latihan seperti pembentukan fisik dasar, penguatan mental, dan lainnya serta pertandingan internal.

Timnas Indonesia U-16 terakhir kali berlaga pada Pada Piala Dunia U-17. Timnas yang saat itu berada di Grup A, mengumpulkan dua poin dari tiga pertandingan dengan rincian dua kali imbang melawan Ekuador (1-1) dan Panama (1-1) serta kalah dari Maroko (3-1).

Pada level Asia Tenggara, Garuda Asia telah mengantongi catatan prestasi cemerlang saat menjuarai Piala AFF U-16 2022 setelah membungkam Vietnam dengan skor 1-0 di laga final. Sebelumnya, dalam ajang yang sama pada tahun 2018, Timnas Indonesia juga keluar sebagai juara.

Pada Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah untuk menjamu lawan-lawan mereka.

Baca juga: Bima Sakti beberkan pola latihan pemain U16 bersama para legenda

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024