Tanpa pekerja yang kuat, tidak ada industri yang kuat"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP PDIP Rieke Diah Pitaloka mengatakan visi dan misi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla di bidang ketenagakerjaan adalah menumbuhkan  tiga layak rakyat pekerja.

"Tiga layak pekerja tersebut adalah, kerja layak, upah layak, dan hidup layak," kata Rieke pada diskusi "Perempuan Memantau Visi dan Misi Capres-Cawapres" di Jakarta, Minggu.

Menurut Rieke, hubungan industrialis antara perusahaan dan pekerja harus saling menguntungkan sehingga tercipta tiga layak tersebut. "Tanpa pekerja yang kuat, tidak ada industri yang kuat," kata dia lagi.

Dia menjelaskan, kerja alayak adalah kondisi kerja yang memiliki kepastian dan berkeadilan.

"Kerja layak ini harus menjadi politik tetap dari negara, terutama pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja melalui industrialisasi yang mampu menciptakan dan memeratakan kesejahteraan," katanya.

Kemudian, upah layak, menurut dia, adalah ada kepastian penghargaan kepada tenaga kerja dari pekerjaan yang dijalankannya.

Sedangkan hidup layak adalah kehidupan pekerja yang tidak hanya bersandar pada upah yang diterima, tapi negara wajib melengkapi prasyarat kehidupan yang sejahtera dengan menghadirkan kompensasi dari pajak.

Menurut Rieke, Jokowi-JK akan berusaha mewujudkan tiga layak tersebut sehingga buruh dan industri sama-sama sejahtera.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014