Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 2.500 atlet taekwondo dari 18 provinsi di Indonesia akan mengikuti Kejuaraan Taekwondo Piala Menteri Pertahanan 2017 yang berlangsung di GOR Popki Cibubur, Jakarta pada 31 Maret hingga 2 April.

"Kejuaraan ini sekaligus menjadi ajang pencarian bibit-bibit atlet muda taekwondo nasional dan sesuai program pengurus besar untuk menyiapkan atlet jelang SEA Games 2017 dan Asian Games 2018," kata Ketua Taekwondo DKI Jakarta Brigjen TNI Ivan Ronald Pelealu dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan Mayjen Yoedhi Swastanto mengatakan Kejuaraan Taekwondo 2017 yang terbagi atas kelas pemula usia delapan tahun, 10 kelas prestasi putra, dan 10 kelas prestasi putri itu sekaligus menjadi ajang pembentukan karakter bela negara pada generasi muda.

"Kami berharap kejuaraan ini dapat memunculkan atlet-atlet nasional yang berprestasi pada ajang internasional seperti SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade," kata Yoedhi.

Yoedhi menambahkan Kejuaraan Taekwodo Piala Menhan 2017 itu sekaligus meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Korea Selatan.

"Kami sedang mempertimbangkan agar taekwondo memasukkan sesi wawasan kebangsaan saat atlet akan naik tingkat ke sabuk hitam," kata Yoedhi.

Atlet-atlet taekowondo nasional yang akan mengikuti kejuaraan Piala Menhan 2017 itu antara lain berasal dari DKI Jakarta, Papua, Sumatera Utara, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Ketua Panitia Pelaksana Piala Menhan 2017 Junaidi Tanjung mengatakan panitia penyelenggara juga telah menerima pendaftaran dari atlet-atlet asal Malaysia dan Thailand untuk mengikuti kejuaraan di Indonesia itu.

"Tapi, kami belum mendapatkan konfirmasi lanjutan dari peserta dari Malaysia dan Thailand hingga saat ini," kata Junaidi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, dan Presiden Organisasi Taekwondo Dunia Kukkiwon akan menghadiri pembukaan kejuaraan Piala Menhan 2017 itu.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017