Jakarta (ANTARA News) - Yayasan Universal Taekwondo Indonesia (YUTI) dan Universal Taekwondo Indonesia Profesional (UTI Pro) menggandeng Kukkiwon World Taekwondo Headquarters Korea Selatan guna mengembangkan prestasi taekwondo di Indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama kedua lembaga tersebut dilakukan secara resmi oleh pembina YUTI dan UTI Pro grand master Lioe Nam Kiong dan presiden Kukkiwon Oh Hyun Deuk di Hotel Grand Melia Kuningan, Jakarta, Minggu.

Menurut grand master Lioe Nam Kiong, kerjasama dengan Kukkiwon sebenarnya bukan hal yang baru. Hubungan kedua lembaga ini telah dilakukan sejak 2011. Hanya saja, dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman ini akan lebih berdampak positif bagi perkembangan taekwondo di Indonesia.

"Memang benar. Kerjasama YUTI dengan Kukkiwon sudah terbina sejak 2011. Kami harapkan dengan adanya nota kesepahaman ini dapat menopang kegiatan prestasi UTI Pro sekaligus berdampak positif terhadap pengembangan taekwondo," kata Lioe Nam Kiong dalam keterangan tertulisnya.

Selain pengembangan taekwondo, Lioe Nam Kiong menjelaskan manfaat kerjasama dengan Kukkiwon ini cukup banyak yang diantaranya adalah proses sertifikasi DAN Kukkiwon yang pelaksanaannya dinilai tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kukkiwon, kata dia, juga akan mendukung penuh segala bentuk kegiatan taekwondo bertaraf internasional yang digagas oleh UTI Pro.

"Kita sudah pernah menjadi kerjasama dengan Kukkiwon ketia UTI Pro menggelar Kukkiwon Cup I di Jakarta tahun 2015 lalu. Mudah-mudahan dengan nota kesepahaman ini akan mempermudah kerjasama lainnya," kata Lioe Nam Kiong menambahkan.

Sementara itu, Presiden Kukkiwon Oh Hyun Deuk merasa senang dan bangga bisa bekerja sama dengan YUTI. Pihaknya berharap dengan adanya kerjasama ini hubungan kedua lembaga ini bisa lebih ditingkatkan lagi.

"Saya kenal baik dengan Grand Master Lioe Nam Kiong, dia satu satunya Grand Master yang paling senior, sehingga kerja sama ini bisa terlaksana," katanya.

Sebelumnya, presiden Kukkiwon Oh Hyun Deuk ini berkenan menyaksikan pembukaan turnamen taekwondo terbuka Piala Menhan 2017 di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (1/4). Pria asal Korea ini bahkan memberikan sambutan penyemangat bagi atlet-atlet muda Indonesia itu.

Pewarta: Bayu K
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017