Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana mengubah pola pembinaan terhadap para atlet yang ada di ibu kota mulai 2018.

"Mulai tahun depan, rencananya, pembinaan atlet akan diambil alih langsung oleh Dispora DKI Jakarta, tidak lagi melalui KONI DKI," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta Ratiyono
di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Sebelumnya, menurut Ratiyono, pembinaan atlet dilakukan melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta.

Dia mengatakan pembinaan langsung oleh Dispora DKI Jakarta terhadap para atlet itu dilakukan untuk meningkatkan prestasi atlet melalui program Jakarta Emas Berkelanjutan.

"Untuk pelatihan dan pembinaan ada di Dispora, terutama melalui program Jakarta Emas Berkelanjutan. Dalam program itu, pembinaan dan pelatihan atlet dilakukan langsung oleh jajaran Dispora," ujarnya.

Untuk menunjang program tersebut, dia menuturkan pihaknya menggandeng sejumlah pihak, diantaranya Unversitas Negeri Jakarta (UNJ), para pakar, praktisi serta atlet senior.

"Kami yakin pembinaan langsung oleh Dispora ini tidak akan menimbulkan konflik dengan KONI, karena tujuannya adalah demi meningkatkan prestasi atlet DKI Jakarta," katanya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan Dispora DKI Jakarta telah mengajukan anggaran sebesar Rp150 miliar untuk menjalankan program tersebut.

"Anggaran itu kami ajukan didalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2018. Kami berharap anggaran ini disetujui dan kami bisa meningkatkan prestasi atlet ibukota," ungkap Ratiyono.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017