Jakarta (ANTARA News) - Delegasi teknis kejuaraan uji coba Asian Games cabang menembak dari Federasi Internasional Olahraga Menembak (ISSF) mengharapkan kejuaraan lanjutan di arena menembak kompleks Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan.

"Kami menerima informasi arena menembak di Jakabaring akan selesai direnovasi pada awal 2018. Pemeriksaan arena itu meliputi konstruksi dan kelayakan perlombaan," kata delegasi teknis ISSF Tan Hock Huat dalam keterangan tertulis Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) yang diterima Antara di Jakarta, Kamis.

Tan Hock mengatakan pemeriksaan konstruksi dan keamanan bangunan dapat dilakukan oleh Pemerintah Sumatera Selatan. Sedangkan pemeriksaan kelayakan perlombaan dilakukan oleh ISSF.

"Kelayakan perlombaan itu mulai dari peralatan eketronik, ukuran panjang arena menembak, hingga ruang bagi atlet, wasit, media, ofisial, dan lainnya," ujarnya.

ISSF, lanjut pria asal Malaysia yang juga berprofesi sebagai juri itu, telah menetapkan buku pedoman yang berisi spesifikasi teknis dalam pembangunan arena menembak.

Tan Hock menyontohkan arena menembak nomor 25 meter rifle 3 position. Pihak ISSF akan mengukur antara titik target dan garis posisi petembak berdiri tepat 25 meter, termasuk ketinggian meja yang menjadi tempat petembak tengkurap saat bertanding.

"Tak hanya arena pistol atau rifle di dalam ruangan, lokasi untuk shotgun di nomor skeet and trap juga punya persyaratan. Mulai dari areal kosong yang menjadi background, sehingga saat peluru dan clay dilepaskan tidak ada risiko terkena apapun, baik itu bangunan atau orang yang berlalulalang," katanya.

Tan Hock mengatakan uji coba di competition venue bisa digelar bulan Maret-April 2018 setelah pemeriksaan oleh Pemerintah Sumatera Selatan dan ISSF pada Februari 2018.

Sementara, PB Perbakin mendukung penyelenggaraan uji coba lanjutan di Jakabaring, Palembang dan akan berkomunikasi dengan INASGOC terkait kejuaraan lanjutan itu.

"Cabang menembak ini perlu uji arena pertandingan yang sebenarnya. Kami akan membahas secara internal dan juga dengan panitia Palembang yang diundang untuk mengikuti uji coba di Jakarta dan Cilodong Depok," kata Wakil Hubungan Luar Negeri Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin) Selvyana S Hosen.

Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto mengatakan akan berkoordinasi dengan panitia Palembang setelah menerima area menembak di Jakabaring untuk penyelenggaraan Asian Games 2018.

Indonesia menggelar kejuaraan uji coba Asian Games 2018 cabang menembak di Lapangan Tembak Senayan dan Lapangan Divisi Infanteri I TNI Angkatan Darat di Cilodong, Depok pada 5-11 November.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017