London (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia Bratislava bekerja sama dengan Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) dan KADIN Sumut mengadakan serangkaian kegiatan promosi kopi Indonesia yang bertema Indonesian Coffee Experience dalam rangkaian International Travel Fair (ITF) Slovakiatour dan Danubius Gastro Fair 2018, di KBRI Bratislava, Slowakia, akhir pekan Januari.

Counsellor Pensosbud KBRI Bratislava. Lely Meiliani kepada Antara, Rabu mengatakan acara diawali dengan presentasi pengenalan kopi Indonesia oleh Daroe Handoyo, Wakil Ketua AKSI.

Kepada undangan dipaparkan mengenai sejarah kopi Indonesia sejak penanaman biji kopi pertama pada tahun 1696 hingga menjadi negara pengekspor kopi dunia. Selain itu juga disampaikan mengenai wilayah perkebunan kopi di Indonesia, varietas jenis kopi , dan proses pengolahan kopi.

Pada kesempatan itu juga, digelar berbagai jenis kopi (Gayo, Lintong, Sidikalang, Ciwidey, Blawen, Kintamani, Flores, Toraja, Papua dan kopi luwak), dan jenis teh (teh prendja, tong jie, sosro, sari wangi, dan teh gopek) untuk dicicipi dan dinikmati dengan penyajian khas Indonesia.

Para undangan dengan antusias menyambut presentasi disampaikan dan mengetahui varietas kopi Indonesia beragam dan berbagai jenis rasa.

Promosi kopi membuka mata betapa kayanya Indonesia, bahkan sejumlah hadirin merasakan jenis-jenis kopi dan teh yang merupakan kekayaan Indonesia. Mereka melihat kopi dan teh Indonesia memiliki ruang cukup besar di pasar Slowakia mengingat warganya memiliki kebiasaan atau kesukaan meminum kopi (3-5 gelas per hari).

Kepala Kantor Kepresidenan Slowakia, yang disertai Direktur Politiknya, Vic Koziak, Stefan Rozkopal, ketika diwawancarai oleh wartawan mengatakan ?kopi Indonesia harus hadir di Slowakia.

Hadir pada acara penikmat kopi, Duta Besar dari Jepang, Turki, Palestina dan Konsul Kehormatan untuk Afrika Selatan, KADIN Slowakia, CEO Asosiasi Wirausaha Slowakia, pimpinan pengusaha cafe and restaurant, CEO dari perbankan, Ketua Organisasi Wanita Internasional, pimpinan tur operator, dan media setempat.

Pada saat itu juga diadakan pertemuan business to business dengan para pengusaha untuk menjajaki peluang bisnis dan perluasan pasar kopi dan teh Indonesia di Slowakia.

Antusiasme terlihat ketika AKSI melakukan presentasi dan menyajikan kopi di panggung utama ITF Slovakiatour 2018. Pengunjung di Incheba berkesempatan mencicipi cita rasa kopi Indonesia.

Dubes Indonesia untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso mendorong seluruh pihak untuk tidak ragu-ragu masuk ke pasar Slowakia. Pengusaha kopi, pemilik kebun kopi, importir kopi di Uni Eropa, pemilik restoran Indonesia di Slowakia (Makan Restaurant dan Yusuf?s Kitchen), KADIN Sumatera Utara, serta KBRI Bratislava dan AKSI sepakat mengenai strategi dan pemasaran kopi di Bratislava.

Selain itu, terdapat wacana menjadikan Bratislava sebagi pilot project untuk pusat pemasaran produk-produk Indonesia dengan menjadikan kedua restoran tersebut sebagai pusat informasi produk-produk Indonesia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018