Jakarta (ANTARA News) - Komite Paragame Indonesia membidik peringkat tujuh dalam kejuaraan multicabang olahraga Asian Para Games (APG) 2018 yang akan berlangsung di Jakarta pada 6-13 Oktober.

"Kami menargetkan 19 medali emas untuk mencapai peringkat tujuh dari cabang angkat besi, atletik, bulu tangkis, catur, renang, dan tenis meja," kata Ketua Komite Paragame Indonesia (NPC Indonesia) Senny Marbun selepas mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Asian Para Games di Jakarta, Jumat.

Atlet-atlet difabel Indonesia, menurut Senny, telah mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Surakarta, Jawa Tengah, sejak awal Januari 2018 sebagai persiapan mengikuti APG Ke-3.

"Atlet-atlet kami sudah berlatih sebelum Januari di daerah masing-masing dan kami hanya perlu mematangkan hasil latihan mereka itu," ujar Senny.

NPC Indonesia belum menerima anggaran program pelatnas jelang Asian Para Games 2018 meskipun program telah berjalan sejak Januari untuk 300 atlet nasional.

"Kami mengajukan anggaran pelatnas APG 2018 sebesar Rp130 miliar yang akan dipakai untuk membeli peralatan latihan, program pemusatan pelatihan, serta keikutsertaan dalam uji coba di luar negeri," ujar Senny.

Baca juga: Hotel-hotel sekitar Senayan dimanfatkan untuk Asian Para Games

Baca juga: Asian Para Games diharapkan tampilkan kesenian disabilitas

Baca juga: NPC Indonesia siapkan 13 atlet untuk Asian Para Games 2018


Namun, Senny mengaku program pelatnas atlet-atlet difabel nasional tidak terpengaruh anggaran pelatnas NPC Indonesia yang belum turun dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Semua program sudah jalan sesuai jadwal dan kami sudah menalangi biaya sampai saat ini. Kemenpora menyebut anggaran akan segera turun," tutur Senny.

Sementara, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan kontingen paragames Indonesia punya peluang besar untuk mencapai target medali menyusul posisi sebagai tuan rumah.

"Kita punya modal juara umum ASEAN Para Games selain pemusatan latihan yang sudah lama dilakukan," ucap Menpora.

Menpora menambahkan pemerintah telah menggelontorkan anggaran baik untuk atlet-atlet pelatnas Asian Games maupun alet-atlet pelatnas Asian Para Games. "Sekarang, dana juga sudah digelontorkan sejak awal," ujar Menpora.

Baca juga: 3.000 atlet ikut Asian Para Games 2018

Baca juga: INAPGOC sosialisasikan Asian Para Games di Medan

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018