Tokyo (ANTARA News) - Para menteri Korea Selatan dan Korea Utara menyetujui rencana defile kontingen bersama pada pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta, Agustus mendatang, demikian laporan kantor berita Yonhap.

Dalam sebuah pertemuan di Pyongyang, Senin, pejabat Korut Kim Il-guk dan pejabat Korsel Do Jong-whan mendiskusikan kerja sama olahraga kedua negara, seiring makin mencairnya ketegangan di Semenanjung Korea berkaitan dengan program nuklir Korea Utara.

Para atlet kedua negara udah melalukan parade bersama pada Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan, Februari lalu, dan mereka optimistis kolaborasi serupa juga akan terlaksana pada Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, Agutus-September tahun ini.

Menurut Yonhap, para menteri akan menyelesaikan rincian rencana setelah pertemuan puncak dua Korea akhir April mendatang.

Baca juga: Kim Jong Un nonton K-Pop

"Akan bagus jika kami sudah berdiskusi dan memulai kerja untuk menetapkan hal yang spesifik setelah pertemuan puncak akhir April. Saya harap olah raga dapat menjadi jalan untuk rekonsiliasi antarKorea," kata Do seperti dikutip Reuters.

Delegasi Korea Selatan berkunjung ke Pyongyang Sabtu lalu sebagai balasan atas lawatan budaya di mana Korut mengirim para seniman untuk pertunjukkan pada Olimpiade Musim Dingin 2018.

Di Pyongyang, delegasi Korsel menampilkan atraksi taekwondo, bintang-bintang K-pop, termasuk Red Velvet.

Dua negara bertetangga itu secara teknis masih dalam status masih berperang sejak konflik 1950-1953.

Baca juga: Kepada China, Kim Jong Un janji denuklirisasi Semenanjung Korea

(T004/I015)
 

Pewarta: SYSTEM
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018