Jakarta (ANTARA News) - Tim pelatih pemusatan latihan nasional Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) mewaspadai ancaman fisik pada atlet-atlet pada empat bulan jelang Asian Games di Jakarta dan Palembang.

"Kami menjaga kondisi para atlet selama mengikuti program latihan pada sisa waktu sebelum Asian Games. Kami juga akan menggelar uji coba terakhir pada 27 Juni sebelum menentukan peluang atlet-atlet kami," kata pelatih kepala PB PABBSI Dirja Wihardja di sela-sela pelatnas di Mess Marinir Jakarta, Jumat.

Tim pelatih angkat besi nasional, lanjut Dirja, menyesuaikan program latihan untuk masing-masing atlet menyusul kondisi fisik mereka yang berbeda.

"Kami berusaha untuk mengembalikan angkatan terbaik bagi Eko Yuli. Setelah itu, kami minta dia untuk menjaga berat badannya. Kami juga memantau kondisi fisik Eko selama dua pekan setelah sembuh dari sakit," kata Dirja.

Sementara program latihan bagi atlet senior Triyatno, tim angkat besi nasional telah memprogramkan latihan yang sesuai dengan kondisi fisik pasca-cedera.

"Kami harus memberikan latihan cerdas dan bukan latihan berat untuk Triyatno. Misalnya, latihan beban berat yang biasanya dilakukan pada sesi ketiga, kami berikan pada sesi latihan pertama karena fisik Triyatno belum lelah," kata Dirja.

Triyatno mengaku optimistis dapat masuk sebagai tim inti Asian Games 2018 cabang angkat besi menyusul peningkatan hasil uji coba ketiga menuju uji coba keempat.

"Saya menjadi lebih percaya diri untuk semakin menambah peningkatan beban pada uji coba berikutnya. Saya optimistis jelang penyusunan tim inti karena saya punya modal," kata Triyatno.

Atlet berusia 30 tahun itu mengatakan pemusatan pelatihan nasional di Pringsewu, Lampung pada 3-21 April menjadi penyegaran dari pelatnas di Mess Marinir Jakarta.

"Kami mendapatkan pengalaman tambahan selama menjalani latihan di Lampung. Kami juga berlatih dengan atlet-atlet junior sehingga menjadi inspirasi bagi mereka," kata Triyatno.

Baca juga: Menpora: Bonus atlet Asian Games 2018 naik 250%

Baca juga: Wapres minta venue Asian Games Ancol dikebut

Baca juga: Wapres cek perbaikan stadion Bekasi untuk Asian Games

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018