Jakarta (ANTARA News) - Komandan Kontingen (Chef de Mission/CdM) Indonesia Komjen Pol. Syafruddin mengklaim telah mengakomodasi penambahan kuota atlet Merah-Putih dalam kontingen Asian Games.

"Semua sudah beres dan diselesaikan dalam dua hari. Jumlah kontingen sudah sesuai rencana dan tidak lebih," kata Syafruddin selepas jumpa pers Asian Games 2018 di Jakarta, Jumat.

Wakil Kepala Kepolisian RI itu mengatakan jumlah total kontingen Indonesia dalam Asian Games ke-18 sekitar 1.200 orang dengan jumlah atlet sebanyak 8.000 orang.

"Mereka sudah berlatih dan semua atlet akan turun dalam defile itu. Saya yang akan langsung memimpin kontingen," kata Syafruddin tentang rencana defile dalam pembukaan Asian Games ke-18.

Namun, komandan kontingen Tanah Air itu mengaku belum memutuskan atlet yang akan membawa bendera Merah-Putih dalam pembukaan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu.

"Biasanya tiga pekan," kata Syafruddin tentang durasi penentuan atlet pembawa bendera Merah-Putih.

Sebelumnya, Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) akan menurunkan lebih dari 11 atlet dalam 15 nomor perlombaan angkat besi Asian Games.

Sebelas atlet itu merupakan atlet-atlet pemusatan latihan nasional cabang angkat besi yang telah mendapatkan surat keputusan pelatnas dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Kami tentu akan menetapkan kriteria. Misalnya, atlet kami yang bisa masuk peringkat 10 besar Asia tenta akan kami turunkan," kata pelatih kepala pelatnas PB PABBSI Dirja Wihardja.

Baca juga: Wapres nyatakan 45 negara mendaftar Asian Games 2018

Baca juga: Indonesia punya posisi tawar untuk Olimpiade 2032, kata Wapres

Baca juga: Wapres harap reunifikasi Korsel-Korut dibahas di Jakarta

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018