Jakarta (ANTARA News) - Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) akan menyediakan area istirahat khusus bagi atlet-atlet para-renang dalam perlombaan Asian Para Games yang berlangsung di Jakarta pada Oktober.

"Kami mendapatkan masukan tentang kebutuhan atlet-atlet para-renang dalam kejuaraan uji coba ini. Kami memang meminta masukan dari atlet, ofisial, tamu-tamu penting, penonton, hingga para jurnalis selama penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Para Games," kata Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari di Jakarta, Selasa.

Okto mengaku telah menerima banyak masukan serta kritikan selama penyelenggaraan uji coba Asian Para Games sejak Rabu (27/6) hingga Selasa (3/7) seperti penyediaan toilet bagi difabel, akses penonton difabel, serta area penonton difabel dalam arena pertandingan.

Baca juga: Puan minta INAPGOC evaluasi uji coba Asian Para Games

"Atlet-atlet para-renang lebih memilih untuk beristirahat di Stadion Akuatik dibanding harus kembali ke Wisma Atlet setelah mengikuti perlombaan pertama. Mereka tidak ingin berspekulasi dengan waktu perjalanan jika kembali lagi ke Wisma Atlet sebelum pertandingan berikutnya," kata Okto.

INAPGOC, menurut Okto, akan memenuhi kebutuhan atlet-atlet para renang dengan menyediakan area istirahat khusus berupa "paddock" dan matras.

"Kami sudah berkonsultasi dengan delegasi teknis cabang para-renang dan mereka mendukung kami untuk menyediakan paddock atau tenda berikut matras sehingga atlet dapat beristirahat," ujar Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) itu.

Baca juga: INAPGOC upayakan sponsor untuk Asian Paragames

Terkait keengganan atlet-atlet para renang untuk kembali ke Wisma Atlet Kemayoran di sela-sela perlombaan, Okto mengatakan durasi perjalanan dari komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, menuju wisma atlet selama penyelenggaraan kejuaraan uji coba adalah 35 menit.

"Kendala bukan para durasi perjalanan karena sudah sesuai. Kami melihat ada karakteristik khusus pada cabang para-renang dibanding cabang lain," kata Okto.

Selain area istirahat atlet, INAPGOC juga akan memperbaiki area penonton pada masing-masing stadion pertandingan serta fasilitas toilet terutama bagi para pengguna kursi roda.

Baca juga: INAPGOC gelar klasifikasi APG 2--5 Oktober

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018