Jakarta (ANTARA News) - Asian Games 2018 segera digelar di Jakarta-Palembang pada 18 Agustus-2 September dengan mempertandingkan 40 cabang olahraga.

Dari jumlah tersebut, 10 di antaranya merupakan cabor baru yang akan melakoni debut di pesta olahraga antarbangsa Asia itu.

Berikut ini daftar 10 cabang olahraga baru di Asian Games 2018.
 
Aksi pemain Tim Nasional Bola Basket 3x3 Putra Indonesia, Rivaldo Pangesthio, dalam laga pembuka Piala Dunia 3x3 2018 melawan Polandia di Manila, Filipina, Jumat (8/6/2018). (twitter.com/FIBA3x3)


1. Basket 3x3

Basket 3x3 adalah jenis pertandingan basket di mana hanya ada empat pemain yang terlibat dalam masing-masing tim. Tiga pemain berada di lapangan, sementara satu pemain sebagai cadangan.

Jika pertandingan bola basket biasa menggunakan satu lapangan penuh, maka dalam basket 3x3 area lapangan yang dipakai untuk melakukan pertandingan hanya setengah dari lapangan bola basket yang semestinya.

 
Sejumlah atlet Bridge dari dalam dan luar negeri bertanding pada "Test Event Road to Asian Games 2018" di Margo Hotel, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/12/2017). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwa)


2. Bridge

Bridge kontrak, atau sering disingkat dengan bridge saja, adalah permainan kartu yang dimainkan oleh empat orang yang terbagi menjadi dua tim.

Bridge dimainkan dengan satu set kartu standar yang terdiri dari 52 kartu, yang dibagi menjadi 13 kartu untuk setiap pemain.

Bridge tidak tampak sebagai olahraga, karena yang lebih bekerja adalah otak, bukan fisik.

 
Arsip - Pebalap beradu kecepatan saat mengikuti putaran final Makassar Jet Ski Open Championship 2016 di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA/Abriawan Abhe)


3. Jet Ski

Cabang olahraga jet ski Asian Games 2018 akan dipertandingkan di pantai Ancol dari 23-26 Agustus.

Nomor yang dipertandingkan antara lain endurance runabout open, runabout 1100 stock, runabout limited, dan ski modified.

 
Atlet Paralayang, Delfy Yosefa dari Indonesia lepas landas dalam Kejuaraan Dunia Paralayang Akurasi di Gunung Banyak, Batu, Jawa Timur, Sabtu (14/7/2018). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

4. Paralayang

Paralayang atau paragliding adalah olahraga yang menitikberatkan pada kemampuan mengendalikan parasut untuk terbang.

Terdapat tiga jenis perlombaan paragliding: cross country, aerobatik dan bivouac (fly ultra). Namun, di Asian Games hanya cross-country dan aerobatik yang akan dilombakan.

 
Pesilat Indonesia Nirmalasani Oktaviani (kiri) saling beradu jurus dengan pesilat Laos Olathai Sounthavong dalam babak semifinal 50-55 kg putri cabang Pencak Silat 18th Asian Games Invitation Tournament di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (12/2/2018). (ANTARA /Akbar Nugroho Gumay)


5. Pencak silat

Seni beladiri tradisional Indonesia ini sebelumnya tak pernah dipertandingkan di Asian Games. Namun, Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga se-Asia tahun ini berhak untuk menambah tiga cabang olahraga, salah satunya adalah pencak silat.

Pencak silat menjadi salah satu andalah Indonesia untuk mendulang emas Asian Games.

 
Sejumlah atlet pelatnas ju jitsu Asian Games 2018 berlatih di Jakarta, Selasa (10/4/2018). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)


6. Ju Jitsu

Ju jitsu terkadang disebut sebagai permainan caturnya seni bela diri karena sangat mengandalkan taktik dan strategi. Pertarungan dimulai dengan kedua atlet berdiri, namun tidak diperbolehkan meninju dan menendang, sehingga sebagian besar waktu dihabiskan dengan bergulat di lantai.

Setelah dimulai, wasit hanya menginterupsi di saat-saat kritis. Pemenang ditentukan dari lawan yang menyerah karena kuncian di sendi atau cekikan. Selama 5 menit, para atlet dapat mengumpulkan nilai dari bantingan, menjatuhkan, posisi dominan, dan jurus yang menambah keunggulan dalam pertandingan.
 
Atlet Sambo Indonesia Kevin Mamengko Imanuel (atas) beradu jurus dengan atlet sambo Filipina Rene Catalan dalam nomor combat 57 kg putra Kejuaraan Sambo se-ASEAN di Jakarta, Rabu (11/4/2018). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)


7. Sambo

Sambo adalah singkatan dari SAMozashchita Bez Oruzhiya, yang berarti pertahanan diri tanpa senjata.

Sambo berkembang di Rusia pada awal 1920-an. Kala itu Pasukan Merah Soviet ingin meningkatkan kemampuannya dalam bertarung tangan kosong.

Olahraga ini menggabungkan teknik-teknik paling efektif dari gulat, judo, jujitsu, tinju, savate dan seni beladiri lain.

 
Ilustrasi teknik dalam pertandingan olahraga beladiri kurash. (wikimedia)

8. Kurash

Seni beladiri dari Uzbekistan ini menyerupai gulat dan judo. Olahraga beladiri ini memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Hanya saja dalam Kurash kondisi bantingan berada dalam posisi berdiri pada kaitan atas, tidak diperkenankan menggunakan kaitan pada kaki.

Kurash adalah salah satu seni bela diri secara telatih tertua di dunia, diperkirakan telah ada sejak 3.500 tahun silam.

 
Atlet dari FPTI Kampar Riau, Imalia Mawarti (kiri) beradu cepat dengan atlet dari FPTI Bungo Jambi, Lusiana Medya (kanan), pada babak kualifikasi kelas Speed Classic Umum Putri Kejurnas Speed Classic Silo 10.000, di Taman Silo Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (26/8/2017). (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)


9. Panjat tebing

Cabang olahraga panjat tebing akan dipertandingkan di Jakabaring Sports City, Palembang pada 23-27 Agustus 2018. Kontingen Indonesia menargetkan dua emas dari cabang ini dari nomor speed putra dan putri.

 
Atlet sepatu roda beradu cepat dalam kejuaraan Surabaya Roller Marathon Open 2017 kategori speed marathon di Surabaya, Jawa Timur, Minggu, (19/11/2017). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)


10. Rollersport

Rollersport di Asian Games 2018 meliputi cabang olahraga skateboard dan sepatu roda (rollerskate). Kedua cabang olahraga tersebut akan dipertandingkan di Jakabaring Sport City Roller, Palembang.

Baca juga: Negara Peserta Asian Games 2018

Baca juga: Jadwal Pertandingan Asian Games 2018

Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018