pihaknya juga mempersiapkan agar museum terlihat bersih dan semarak dalam menyambut Asian Games.
Jakarta (ANTARA News) - Museum Olahraga Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ikut memeriahkan pameran Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan.

"Kami diundang pameran di Palembang saat Asian Games," kata Kepala Museum Olahraga Nasional TMII Een Ermawati, di Jakarta, Selasa.

Een menambahkan, pihaknya juga mempersiapkan agar museum terlihat bersih dan semarak dalam menyambut Asian Games.

"Ada 30 petugas di museum yang biasanya bersih-bersih, juga ada spanduk yang dipasang untuk menyambut kontingen dan tamu Asian Games," katanya.

Een mengaku hingga saat ini belum ada pemasangan umbul-umbul atau hiasan lain selain spanduk karena pihak pusat belum memberikannya.

"Umbul-umbul warna merah putih yang biasanya dipasang, sekarang memang belum, tapi kalau ada dikasih pusat maka akan kami pasang di awal Agustus mendatang," tambah Een.

Ia menambahkan bahwa pihaknya kini sedang berupaya untuk membawa era digital di museum Nasional tersebut.

Namun, persiapan digitalisasi di Museum Olahraga belum dapat diwujudkan saat Asian Games berlangsung nanti.

"Anggaran tahun ini rencananya untuk digitalisasi museum, tapi tidak keburu jelang Asian Games," tukasnya.

TMII menjadi salah satu lokasi wisata di Jakarta yang akan dilewati rute kirab obor Asian Games, dan juga sebagai venue untuk beberapa cabang olahraga.

Persiapan penerimaan tamu Asian Games telah mencapai 80 persen, sedangkan pengerjaan fasilitas baru sekitar 50 persen, ungkap Direktur Operasional dan Pengembangan TMII Maulana Cholid.

Maulana juga memastikan pihaknya telah mempersiapkan keamanan guna mencegah ancaman selama Asian Games berlangsung, baik dari pos keamanan TMII itu sendiri maupun dari Polri dan TNI.

Baca juga: Museum Olahraga Nasional TMII terus berbenah

 

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018