Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Kemeriahan pelaksanaan Asian Games 2018 juga terasa di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, dengan inisiatif masyarakat untuk ikut menyemarakkan perhelatan akbar olahraga se-Asia tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi karena walaupun di kabupaten, ternyata masyarakat juga ikut merasakan kemeriahan dan berupaya ikut memeriahkan Asian Games dengan cara mereka," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Sabtu.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar pawai dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan pada siang hingga sore itu diberangkatkan dari depan rumah jabatan Bupati Kotawaringin Timur di Jalan Achmad Yani.

Sebanyak 287 kelompok peserta mengikuti pawai tahunan itu. Jumlah peserta meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sebanyak 279 kelompok. Peserta merupakan instansi pemerintah, swasta, pelajar dan masyarakat umum.

Tema yang diangkat dalam pawai kali ini adalah kebangsaan. Namun, panitia tidak mengikutsertakan peserta dari partai politik karena Komisi Pemilihan Umum menyatakan saat ini belum memasuki masa kampanye.

Beberapa kelompok peserta yang mengangkat tema Asian Games, cukup menarik perhatian masyarakat. Selain mengenakan berbagai pakaian olahraga, mereka juga membawa sejumlah atribut terkait olahraga dan Asian Games.

Masyarakat cukup antusias karena bertepatan dengan pembukaan Asian Games yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu malam. Tidak heran jika tema Asian Games cukup memberi warna pada pawai yang dilaksanakan di Sampit.

"Saya mengapresiasi karena peserta menampilkan berbagai kreasi sehingga sangat menghibur dan memberikan pelajaran bagi masyarakat yang menyaksikan. Terlebih, sudah ada peserta yang tampil dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ramah lingkungan dan mudah didapat," kata Supian.

Sementara itu, kemeriahan Asian Games cukup terasa karena hampir semua kantor instansi pemerintah dan swasta memasang baliho dan spanduk bertema Asian Games.

Masyarakat Kotawaringin Timur mendoakan Indonesia memperoleh kesuksesan ganda, yakni sukses sebagai tuan rumah penyelenggaran kegiatan, serta sukses dalam meraih prestasi tertinggi dalam event bergengs ini.

Baca juga: Palembang ukir sejarah baru berkat Asian Games
Baca juga: 10 atlet Karawang perkuat kontingan Asian Games Indonesia
Baca juga: Puan bangga Indonesia tuan rumah Asian Games


(KR-NJI/A035)

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018