Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Iran mendominasi perolehan medali pada cabang angkat besi Asian Games 2018 untuk kelas 105+kilogram putra setelah lifter negara itu meraih medali emas dan perak.

Pada pertandingan di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Senin, lifter Iran Behdad Salimikordasiabi meraih total angkatan terbaik seberat 461 kilogram dari jenis angkatan snatch seberat 208 kilogam dan clean and jerk seberat 253 kilogram.

Peraih medali emas ini pada jenis angkatan snatch sempat satu kali gagal dari tiga kesempatan yang diberikan yaitu kesempatan kedua seberat 206 kilogam setelah di kesempatan pertama 200 kilogram berhasil dia angkat. Pada kesempatan ketiga, ia justeru menaikkan angkatannya menjadi 208 kilogram, dan berhasil.

Sementara pada jenis clean and jerk ia berhasil mengangkat barbel pada semua kesempatan yakni 237 kg, 246 kg, dan 253 kg.

Lifter Iran yang meraih medali perak yaitu Saeid Alihosseini setelah mengumpulkan angkatan seberat 456 kilogram dan jenis snatch seberat 208 kilogram serta clean and jerk seberat 248 kilogram.

Saeid sebenarnya bisa mengungguli rekan senegaranya jika ia berhasil mengangkat barbel jenis clean and jerk seberat 254 kilogram pada kesempatan ketiga. Jika ia berhasil mengangkat barbel tersebut maka totalnya 462 kilogram, unggul satu kilogram, namun gagal.

Peraih medali perunggu pada kelas ini yaitu lifter asal Uzbekistan Rustam Djangabaev setelah menempati peringkat ketiga dalam total angkatan seberat 455 kilogram. Total angkatannya berasal dari jenis angkatan snatch seberat 203 kilogram dan clean and jerk seberat 252 kilogram.

Pada snatch lifter Uzbekistan berhasil mengangkat barbel pada semua kesempatan yaitu seberat 195 kilogram, 200 kilogram dan 203 kilogram.

Lifter Suriah Man Assad gagal mengangkat barbel pada tiga kesempatan di clean and jerk seberat 225 kilogram sehingga dia tidak memiliki total angkatan.

Begitu pula lifter Chinese Taipei Chen Shihchieh tidak memiliki total angkatan karena gagal juga pada tiga kesempatan mengangkat barbel seberat 230 kilogram untuk jenis clean and jerk.

Baca juga: Lifter Iran-Uzbekistan bersaing di kelas 105+kg putra

Baca juga: Lifter Iran berikan warna baru di arena Asian Games 2018

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018