Garut, Jawa Barat (ANTARA News) - Enam atlet regu putra dan putri cabang olahraga pencak silat yang berhasil meraih medali emas Asian Games di Jakarta diarak keliling kota Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin, dan mereka disambut meriah oleh warga sepanjang jalan hingga berakhir di Pendopo Garut.

Keenam atlet tersebut adalah Nunu Nugraha, Anggi Faisal dan Asep Yuldan Sani (beregu putra) dan Lutfi Nurhasanah, Gina Tri Lestari, dan Pramudyta Yuristya (beregu putri).

Arak-rakan atlet pencak silat itu dilakukan bersama dengan pejabat pemerintah daerah, pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Garut, kepolisian dan TNI dengan menyusuri ruas jalan kota yakni Jalan Otto Iskandardinata, Jalan Cimanuk, Jalan Siliwangi hingga berakhir di Lapang Alun-alun.
(Feri Purnama)
Upacara penyambutan mulai dilakukan di perbatasan Garut-Bandung kemudian diakhir titik arak-arakan disambut dengan tarian, lalu diterima secara resmi oleh Bupati Garut Rudy Gunawan di Babancong.

Rudy Gunawan mengatakan, penyambutan yang meriah tersebut sebagai wujud rasa bangga warga Garut terhadap atlet pencak silat yang telah berhasil meraih medali emas di Asian Games, pesta olahraga terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade itu.

"Kita semua bergembira menyambut kedatangan atlet nasional peraih emas dari cabang olahraga pencak silat," katanya.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah secara istimewa menyambut atlet nasional putra daerah Garut khusus di Babancong, sama seperti kegiatan kenegaraan pada umumnya.

Ia menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan di Babancong tidak sembarang orang, hanya momentum tertentu yang sifatnya kenegaraan dan bagi orang-orang Garut yang terhormat seperti kepada atlet silat.

"Penyambutan di Babancong ini tidak boleh sembarangan, ini biasa digunakan untuk menerima kepala negara, dan untuk menyambut orang-orang Garut yang terhormat," katanya

Bupati menyampaikan atlet yang meraih medali emas merupakan pahlawan bangsa karena telah mengharumkan dan menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

Ia berharap, para atlet tersebut dapat terus menjadi juara pada ajang kejuaraan lainnya termasuk yang akan datang kejuaraan Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar.

"Bulan depan ke Bogor ikut Porda tingkat Provinsi Jabar, Insya Allah akan menyumbang medali emas," kata Rudy.

Baca juga: KONI Garut siapkan penyambutan atlet peraih emas
Baca juga: Pemkot Tangerang berikan hadiah untuk peraih emas
Baca juga: Peraih emas Asian Games diundang wisata gratis ke Banyuwangi

 
Mmm (Feri Purnama)

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018