Bandung  (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi berupa uang "Kadeudeuh" (bonus) bagi atlet yang berhasil menyumbangkan medali dalam ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Pejabat Gubernur Jawa Barat, M. Iriawan, mengatakan Pemprov telah menyiapkan bonus senilai Rp2,5 miliar untuk seluruh atlet peraih medali emas, perak, dan perunggu asal Tanah Pasundan.

"Saya selaku pejabat gubernur dan masyarakat Jawa Barat sangat bangga terhadap para atlet ini. Meski tidak sebesar pemerintah pusat, tapi ini merupakan atensi kami," ujar Iriawan saat menggelar pertemuan dengan atlet Jabar di Gedung Pakuan, Bandung, Selasa.

Berdasarkan data dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, atlet asal Pasundan berhasil menyumbangkan enam emas, tujuh perak, dan tujuh medali perunggu dari berbagai cabang dan nomor.

Adapun cabang olahraga yang diikuti atlet asal Jabar dan berhasil meraih medali emas ada di taekwondo, dayung, dan pencak silat.

Pencak silat menjadi cabang olahraga yang paling banyak meraih medali emas. Dari 14 medali emas yang berhasil diraih Indonesia, 4 di antaranya disumbangkan atlet asal Jabar.

Adapun atlet pencak silat yang meraih emas yakni Nunu Nugraga, Asep Wildan, dan Anggi Faisol dari nomor beregu putra, Pramudita Yuristya, Lutfi Hasanah, dan Gina Lestari di nomor beregu putri, Hanifan Yudani Kusumah di kelas C (55-60 kg), dan terakhir Wewey Wita di kelas B (50-55 kg).

Selain uang, pemerintah provinsi juga tengah mengkaji kemungkinan bonus lain yakni pengangkatan sebagai pegawai negeri sipil bagi peraih medali.

"Sedang kami kaji, sedang kami pikirkan. Kami mengakomodir, ini tepat kalau atlet-atlet kita mau jadi PNS," katanya.

Sementara itu Kadispora Jabar Yudha M. Saputra mengatakan, bonus senilai 2,5 miliar ini akan dibagikan rata bukan bagi atlet peraih medali di Asian Games saja.  Ia ingin adanya perlakuan yang sama bagi atlet asal Jabar yang berlaga di Asian Paragames.

"Kami akan memperlakukan sama atlet Asian Games dan Asian Paragames. Akan kami berikan setelah beres Asian Paragames pada bulan November," kata dia.  

Baca juga: Jokowi dinilai wajar dapat bonus ganda Asian Games
Baca juga: Menpan RB : Bonus atlet status ASN sudah disetujui

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018