Kediri (ANTARA News) - Ribuan pelari dari berbagai daerah di Jawa Timur, Minggu, mengikuti kegiatan "KONI Berlari 2018" sejauh 6 kilometer yang digelar KONI Kota Kediri, memperingati HUT Ke-80 KONI dan Hari Pahlawan.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan kegiatan ini tentunya membawa dampak positif bagi masyarakat. Pemerintah sangat mendukung berbagai kegiatan yang memberikan fasilitas agar para masyarakat senang olahraga.

"Pemkot sebagai fasilitator. Kami sudah memfasilitasi dan masalah lari itu adalah `Lifestyle` (gaya hidup). Banyak dari warga yang ikut lari, sehingga badan menjadi sehat," katanya.

Ia mengatakan selain mendorong gaya hidup, dirinya berharap para peserta kompetisi ini juga menjadi bersemangat untuk menjadi atlet. Mereka yang ingin menjadi atlet bisa melatih kemampuan diri ikut lomba, sehingga ke depan menjadi sering berlatih.

Terlebih lagi, di Kota Kediri banyak atlet lari. Tidak sedikit dari para atlet tersebut telah meraih prestasi dari cabang olahraga ini baik lokal hingga nasional. Untuk itu, Wali Kota juga mengajak serta agar warga yang serius ingin menjadi atlet lari harus berlatih secara rutin.

"Mereka yang ikut selain badan sehat, ada yang ingin mendapatkan medali. Jadi, kalau atlet harus berlatih yang benar," kata dia.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Kediri Heru Marwanto mengatakan kegiatan ini digelar Kegiatan untuk pembinaan, terutama para atlet pemula. Mereka bisa mengetahui kemampuan mereka dengan ikut kompetisi ini. Dirinya juga berharap, dengan kegiatan ini masyarakat semakin bersemangat berprestasi.

"Dengan KONI berlari ini, kami berharap hal ini dapat menjadikan masyarakat memiliki semangat patriotisme untuk meraih prestasi. Kegiatan ini kami selenggarakan untuk pembinaan, terutama para atlet pemula," kata dia.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar mengatakan pemerintah kota terus mendorong agar para atlet berjuang keras dan bisa menampilkan kemampuan terbaiknya. Mereka diharapkan terus berprestasi baik tingkat regional, nasional, hingga internasional.

Ia juga meminta upaya pembinaan para atlet terutama junior ke depan diharapkan lebih baik. Dengan program pembibitan sejak dini, bisa memperkuat moral bertanding dari para atlet, sehingga bisa bertanding di kompetisi yang lebih tinggi.

"Ke depan bisa dikemas lebih baik lagi, spektakuler, sehingga kepesertaan lebih luas. Dengan program pembibitan sejak dini, bisa menjadi penyemangat bertanding dari para atlet, sehingga bisa bertanding di kompetisi yang lebih tinggi," kata Nur.

Kegiatan "KONI Berlari 2018" ini diikuti oleh 3.190 pelari. Para peserta tidak hanya datang dari Kota Kediri, melainkan banyak daerah lainnya seperti Malang, Surabaya, Probolinggo, hingga Blora, Jawa Tengah.

Acara tersebut mengambil start dan finish di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Kediri, dengan rute sepanjang 6 kilometer. Rute ini lebih jauh ketimbang kegiatan pada 2017 yang hanya 5 kilometer. Jalur yang dilalui adalah sejumlah jalan protokol di kota ini.

Dalam kegiatan tersebut, selain dihadiri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, juga Ketua KONI Kota Kediri Heru Marwanto, perwakilan Forkopimda Kota Kediri, dan berbagai tamu undangan lainnya. 

(KR-DHS/B015)

Pewarta: Destyan HS/Asmaul
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018