Hal ini karena kawasan olahraga Jakabaring Palembang satu-satunya dimiliki Indonesia sehingga menjadi tempat wisata unggulan
Palembang (ANTARA News) - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan kawasan olahraga Jakabaring Palembang bukan hanya menjadi tempat wisata unggulan Sumatera Selatan, tapi juga Indonesia.

"Hal ini karena kawasan olahraga Jakabaring Palembang satu-satunya dimiliki Indonesia sehingga menjadi tempat wisata unggulan," kata Menpar usai dialog publik bersama mahasiswa Unsri Palembang, Rabu.

Apalagi kawasan Jakabaring satu-satunya tempat olahraga yang terintegrasi sehingga menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia, ujar dia.

Oleh karena itu, kawasan tersebut dapat dijadikan tempat kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Sumsel seharusnya rutin menyelenggarakan pertandingan olahraga skala dunia sehingga kunjungan wisatawan akan meningkat. Sumsel sukses menjadi tuan rumah SEA Games, Asian Games dan itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara berkunjung ke Provinsi Sumsel.

Yang jelas dalam kegiatan olahraga berstandar internasional itu ternyata mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. Namun, ujar dia, pihaknya minta masyarakat memanfaatkan kegiatan olahraga internasional yang dilaksanakan di Sumsel itu untuk mempromosikan produk unggulan daerah. "Itu penting karena produk yang ada akan dikenal masyarakat terutama luar negeri," ujar dia.

Dalam mengembangkan kawasan tersebut pihaknya minta Politeknik Pariwisata Palembang untuk membuat program khusus. Apalagi Politik Pariwisata Palembang berada di lokasi Jakabaring Palembang sehingga permasalahan yang ada dapat diketahui lebih cepat.

Dalam dialog yang dipandu Prof Alfitri itu juga hadir Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian & Maritim Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Septriana Tangkary, Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho, Wali Kota Palembang Harnojoyo, dan Sekda Sumsel Nasrun Umar.
 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019