Washington (ANTARA) - Amerika Serikat berharap dapat melanjutkan pembicaraan pemusnahan senjata nuklir (denuklirasasi) dengan Korea Utara, kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada Jumat setelah tersiar laporan-laporan bahwa seorang pejabat tinggi Pyongyang mengatakan negara itu mungkin menangguhkan perundingan-perundingan.

Pompeo, yang berbicara dalam jumpa pers, juga mengatakan ia sangat berharap pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan tetap pada komitmennya untuk tidak memulai kembali pengujian nuklir dan peluru kendali.

"Kami berharap bisa terus mengadakan pembicaraan, perundingan," kata diplomat tinggi AS itu kepada wartawan, dengan menambahkan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui membuka kemungkinan untuk melanjutkan pembicaraan dalam keterangan-keterangan yang diberitakan.

"Sudah ada keinginan bahwa kami terus mengadakan pembicaraan," kata Pompeo.

Para pejabat AS mengatakan mereka tetap terbuka untuk mengadakan pmbicaraan setelah pertemuan puncak kedua antara Kim dan Presiden Donald Trump gagal membuahkan hasil bulan lalu, tetapi tidak memberikan hal-hal yang khusus.
sumber: Reuters
Baca juga: Presiden Trump: Pembicaraan Korea Utara produktif, pertemuan puncak akan berlangsung di HanoiBaca juga: Korea Selatan berkomitmen jembatani negosiasi AS-Korea Utara

Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019