Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi secara resmi membuka turnamen catur internasional Taspen Anniversary Cup Chess Team 2019 yang berlangsung mulai 22 hingga 27 April 2019 di Kantor Taspen, Jakarta.

"Terima kasih kepada Taspen yang masih terus bersedia untuk menjadi pihak penyelenggara turnamen catur ini. Kami akan dorong terus kegiatan ini," kata Imam di Kantor Taspen, Jakarta, Senin.

Menurut dia, kegiatan turnamen catur harus lebih sering diselenggarakan untuk menjaring lebih banyak lagi bibit-bibit muda pecatur di Tanah Air dan lebih banyak lagi masyarakat yang mencintai olahraga catur.

"Mari kita dorong terus pecatur-pecatur Indonesia, karena di mana saja di negeri ini, banyak sekali saya temui pemain catur yang hebat. Dorong terus, fasilitasi mereka, supaya mereka lebih semangat," ujar Imam.

Melalui turnamen tersebut, dia pun berharap nantinya akan dihasilkan para pecatur andal yang mampu menghasilkan prestasi-prestasi sekaligus mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

"Apabila para pemain catur di Indonesia terus kita dukung, kita berikan fasilitas, maka kita pasti bisa sejajar dengan negara-negara lain, tidak kalah. Tentu akan jadi kebanggaan juga untuk bangsa Indonesia," tutur Imam.

Baca juga: Percasi : hasil di Mongolia tunjukkan kualitas atlet Indonesia

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Dirut PT Taspen Iqbal Latanro mengungkapkan turnamen tersebut diselenggarakan dalam rangka perayaan ulang tahun ke-56 PT Taspen pada tahun ini.

"Dalam rangka memeriahkan hari jadi Taspen, tahun ini kami kembali menyelenggarakan turnamen catur. Kami berharap semoga ke depannya turnamen ini bisa tercatat sebagai agenda catur internasional," ungkap Iqbal.

Dia menambahkan turnamen catur internasional Taspen Anniversary Cup Chess Team 2019 FIDE Rated I/XIV tersebut diikuti oleh sebanyak 20 tim dengan total peserta keseluruhan 100 orang dan terdiri dari berbagai rentang usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Baca juga: Medina pastikan Indonesia kawinkan gelar juara catur Zona 3.3 Asia
 

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019