dinilai telah meletakkan pondasi pariwisata Bali yang berbasis budaya
Denpasar (ANTARA) - Gubernur Bali periode 1978-1988 almarhum Prof Dr. Ida Bagus Mantra meraih Penghargaan Sepanjang Masa (Lifetime Achievement) oleh Global Hospitality Expert (GHE), karena selama kepemimpinannya menjadi pedoman dan inspirasi bagi masyarakat Pulau Dewata.

"Penganugrahan Penghargaan Sepanjang Masa (Lifetime Achievement) ini kepada almarhum Prof Dr. Ida Bagus Mantra Gubernur Bali periode 1978-1988 serta tokoh budaya Bali, karena dinilai telah meletakkan pondasi pariwisata Bali yang berbasis budaya dan menjadi 'taksu' (kharisma) pariwisata Bali hingga saat ini," kata President Director GHE, Agus Yoga Iswara di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan sosok IB Mantra memiliki segudang pemikiran dan karya yang masih dirasakan sampai saat ini. Karya-karya ayahanda dari Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra masih tetap menjadi pedoman dan inspirasi bagi masyarakat. Tidak jarang lantaran karyanya yang memberikan manfaat bagi masyarakat Bali.

IB Mantra, adalah sosok yang dikenal sebagai pendiri Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dan pencetus Pesta Kesenian Bali (PKB) ini menjadi satu-satunya penerima penghargaan sepanjang masa. Sedangkan 12 orang tokoh lainnya mendapat anugrah Global Hospitality Award atas pemikiran cerdasnya dalam memajukan pariwisata di Bali dan Indonesia.

Lebih lanjut Agus Yoga menjelaskan bahwa GHE sebagai tenaga ahli di bidangnya merasa terpanggil untuk menguatkan kembali ketahanan sumber daya manusia, bukan hanya pada kemampuan teknik, namun juga pada soft skills dan human skills untuk melakukan inovasi dan kreatifitas dalam menjalankan usaha bisnis dengan tanpa merusak atau mengabaikan sisi keunggulan destinasi.

"Kami melihat bagaimana alam budaya seni sebagai keunggulan destinasi saat ini dihadapkan pada ancaman degradasi dalam berbagai hal seperti kualitas sumber daya alam, perubahan gaya hidup masyarakat serta pengaruh dunia digital. Ini perlu disikapi dengan cara pandang yang holistik dan visioner bahwa industri ini perlu penyelamatan yang nyata dan konsisten," ujarnya.

Sementara, Ketua Penyelenggara Kegiatan "Annual Hotelier Summit Indonesia 2019", I Made Ramia Adnyana, MM menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan tersebut di Bali juga untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Bali dan Indonesia bukan hanya terkenal sebagai destinasi wisata, namun juga dikenal sebagai pencetak dan penyedia sumber daya manusia kepariwisataan yang andal dan kompeten.

“Kegiatan 'Annual Hotelier Summit Indonesia 2019' di Bali akan menjadi embrio agenda tahunan ke depannya akan dilaksanakan secara bergilir di berbagai kota besar di Indonesia untuk pemerataan dan menjadi gerakan nasional akan pentingnya pemahaman industri pariwisata sebagai bentuk perekonomian yang berbasis kerakyatan," katanya.

Baca juga: JK mendapat anugerah "Lifetime Achievement" kebencanaan
Baca juga: Widyawati persembahkan "Lifetime Achievement" Piala Citra untuk ibu
Baca juga: Bimbo Terima "Lifetime Achievement Award" SCTV 2006
​​​​​​​

​​​​​​

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019