Timnas voli Indonesia berhasil mengandaskan perlawanan sengit timnas voli Kazakhstan dengan skor 3-2 (25-22, 24-26, 22-25, 25-16, 15-12) pada pertarungan babak perebutan peringkat 7-10 Asian Games 2022, Hangzhou, China di China Textile City Sports Centre Gymnasium, Senin.

Indonesia tampil baik pada set pertama dimana tim asuhan Jiang Jie itu langsung memimpin 3-0 dan berlanjut memimpin jauh 15-8 ketika Vitaliy Vorivodin gagal membalikkan upaya dari Doni Haryono.

Kazakhstan mencetak tiga poin berturut-turut dan membuat skor menjadi 11-15. Setelahnya, Indonesia memperbaiki penampilan dengan mencetak poin-poin untuk menjaga keunggulan dan hal ini mampu dijaga dengan baik oleh Doni Haryono dan kawan-kawan.

Kegagalan serve dari kubu lawan, Mikhail Ustinov membuat Indonesia memenangi set pertama dengan skor 25-22.

Baca juga: Timnas voli Indonesia hadapi Kazakhstan dalam perebutan peringkat 7-10

Set kedua berjalan imbang untuk kedua tim. Indonesia sempat tertinggal pada awal-awal set sebelum kemudian memaksa Kazakhstan bermain ketat sampai skor 18-18.

Setelah itu, serangan Merah Putih mengalami kebuntuan dan hal ini membuat Indonesia tertinggal 18-21. Kazakhstan terus mencetak poin demi poin, tapi Indonesia tidak menyerah dan memaksa deuce ketika berhasil menyamakan skor 24-24.

Namun, pada kesempatan ini, Indonesia sedikit lengah dan dua kali upaya Vitaliy Vorivodin memenangkan timnya yang merupakan tim peringkat 59 dunia itu pada set kedua dengan skor tipis 26-22.

Memasuki set ketiga, Kazakhstan tampil lebih percaya diri dimana mereka terus unggul sejak set awal dan sempat menjauh 10-5. Indonesia terus mengejar dan dua kali upaya Muhammad Malizi membuat Merah Putih mendekat 14-15.

Baca juga: Tim voli putra Indonesia gagal ke semifinal setelah dikalahkan China

Namun, setelahnya Kazakhstan berkali-kali mencetak poin. Puncaknya, spike Vladislav Kunchenko membuat Kazakhstan memenangkan set ketiga dengan 25-22.

Bermain kurang baik pada dua set, set kedua dan ketiga, membuat Indonesia tidak ingin mengulangi hal yang sama pada set keempat. Pada set ini, Indonesia tampil baik.

Indonesia unggul jauh 10-5 ketika serangan dari Fahri Septian Putratama gagal diamankan oleh pemain Kazakhstan. Hendra Kurniawan tampil apik dimana satu serangan dan bloknya membuahkan dua poin bagi Indonesia dan membuat skor menjadi 19-13. Pevoli 20 tahun itu kembali mencetak dua poin dan merubah skor menjadi 23-15.

Dua poin tersisa dicetak oleh Agil Angga Anggara dan Farhan Halim. Indonesia menang mudah di set keempat dengan skor 25-16 dan membuat pertandingan harus diselesaikan pada set penentuan, set kelima.

Pada set penentuan, set kelima, Indonesia sempat kesulitan di awal set dengan terus tertinggal sampai skor 11-12. Spike Farhan Halim lalu membuat Indonesia menyamakan kedudukan dengan skor 12-12 dan kemudian blok poin yang dilakukan Kurnia Sandy membuat Merah Putih unggul 13-12.

Indonesia kembali membalikkan serangan Kazahkstan dengan baik dimana kali ini Muhammad Malizi melakukan blok poin dari serangan Maxim Michshenko. Skor berubah 14-12. Farhan Halim lalu menjadi aktor penentu Indonesia yang berperingkat 57 dunia untuk menyegel kemenangan pada set terakhir dengan skor 15-12.

Fahri Septian Putratama dan Agil Angga Anggara tampil gemilang pada laga ini dengan mencetak poin terbanyak, 21 poin dan 24 poin. Indonesia keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2.

Atas hasil ini, Indonesia akan memainkan laga penentuan peringkat 7-8 cabang olahraga voli putra Asian Games 2022 pada Selasa (26/9) pukul 13.30 WIB di China Textile City Sports Centre Gymnasium melawan pemenang laga antara Thailand dan Korea Selatan yang baru bermain pukul 18.00 WIB nanti.

Baca juga: Timnas voli Indonesia menang tiga set langsung atas Afganistan

Pewarta: KR-ZES
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023