Pebulu tangkis Dheva Anrimusthi memenangi drama rubber game dan merebut medali emas ketiga untuk Para bulu tangkis Indonesia di Asian Para Games 2022 Hangzhou, Jumat.

Dheva menang dengan skor 18-21, 21-19, 21-17 atas wakil Malaysia sekaligus unggulan pertama Liek Hou Cheah di partai final tunggal putra SU5 yang digelar di Binjiang Stadium, China.

Sejak gim pertama dimulai, Dheva menunjukkan kemampuannya dengan baik melalui serangan-serangan yang cepat dan efektif. Namun, Cheah mampu mengimbangi laju Dheva dengan cukup baik, hingga akhirnya beberapa kali skor identik muncul di layar sebelum wakil Indonesia mengamankan interval gim pertama.

Selepas interval, Cheah berusaha membalikkan keadaan. Dheva, yang merupakan unggulan kedua, sempat tertinggal tipis, namun ia dengan gigih mengumpulkan poin lagi, hingga kembali memimpin 17-14.

Cheah tidak terburu-buru dan malah berhasil merebut lima poin beruntun dan balik unggul, hingga meraih matchpoint dan menang 21-18.

Gim kedua dimulai dengan Cheah yang langsung tampil agresif dan merebut tiga poin pertama. Dheva kemudian melakukan hal yang sama, hingga menyamakan kedudukan. Namun, Cheah terus mempertahankan performanya dan merebut interval gim kedua.

Setelah interval gim kedua, Dheva menyamakan kedudukan 13-13. Pertandingan berlangsung sengit, dengan beberapa kali skor identik kembali terjadi, dan Dheva kini balik mempimpin 16-15.

Di poin-poin kritis, Dheva tampil tenang hingga memenangi gim kedua 21-19 dan memaksa terjadinya rubber game.

Gim pamungkas kembali berlangsung ketat. Meski saling berkejaran poin, Dheva kembali merebut interval gim ketiga 11-7.

Pada gim penentuan, Dheva tampil lebih tenang dalam mengumpulkan angka. Ia bisa menjaga margin skor atas Cheah dengan baik, hingga tren itu berlanjut saat ia memastikan medali emas setelah menang 21-17.

Sementara itu, Indonesia masih memiliki empat wakil lainnya yang berlaga di babak pamungkas cabang olahraga Para bulu tangkis Asian Para Games edisi keempat ini.

Selain di sektor tunggal purta, Dheva juga akan turun di nomor ganda putra SU5 bersama Hafizh Briliansyah. Keduanya bakal menghadapi pasangan India, Chirag Baretha/Raj Kumar.

Baca juga: Rina Marlina dan Subhan lanjutkan perjuangan menuju Paralimpiade Paris

Baca juga: Leani/Hikmat menangkan laga "All Indonesian Final" di APG 2022

Pewarta: A087
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023