Jakarta (ANTARA News) - Sedikitnya 10 karateka nomor kumite menyelesaikan program latihan yang berlangsung 28 Juni sampai 10 Juli di Kairo, Mesir, sebagai bagian dari persiapan menghadapi Asian Games 2018 pada Agustus. 

Siaran pers kedutaan, Selasa, menyebutkan atlet yang ikut serta dalam program itu antara lain peraih medali emas SEA Games 2017 Srunita Sari Sukatendel (kelas kumite di bawah 50kg), Cok Istri Agung Sanistya Rani (kelas kumite di bawah 61kg), peraih medali perunggu SEA Games 2017 Dessyinta Rakawuni Banurea (kelas kumite di bawah 68kg), dan peraih medali emas dalam kejuaraan dunia Karate Junior 2015 untuk kelas 59kg, Ceyco Georgia Zefanya.

Selama program latihan itu para karateka Indonesia menjajal kemampuan dengan mengadakan adu dengan atlet-atlet nasional Mesir.

Robert Karly, salah satu pelatih timnas, mengatakan olahraga karate saat ini tidak lagi didominasi atlet dari kawasan Asia Timur. Banyak karateka dari benua Afrika termasuk Mesir yang memenangi kejuaraan di tingkat internasional.

"Di kawasan Afrika, untuk cabang olahraga karate Mesir sangat dominan. Mereka juga tahun lalu meraih juara dunia, sehingga ini merupakan kesempatan yang baik bagi para atlet timnas untuk berlatih di sini," kata Robert.

Sementara Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzy berharap dukungan pemerintah Mesir untuk pengembangan prestasi olahraga bisa dipelajari untuk kemudian diterapkan di Indonesia.

"Fasilitas olahraga di Mesir ini melimpah sekali, dan antusiasme dan partisipasi masyarakat sangat tinggi. Saya berharap hal ini bisa dipelajari dan ditularkan di Indonesia," katanya.

Di samping persiapan Asian Games 2018, program latihan timnas karate di Mesir juga ditujukan sebagai pemanasan sebelum mengikuti kompetisi Asian Karate Federation yang akan berlangsung di Yordania.

Anggota timnas dijadwalkan bertolak ke Yordania pada 10 Juli. Usai kejuaraan di sana, Timnas Karate akan melanjutkan perjalanan ke Ukraina untuk mengikuti program pelatihan terakhir sebelum Asian Games.

Baca juga: Inkanas incar satu emas di Asian Games
 

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018