Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Korea Selatan dan Kontingen Korea Utara berpeluang kembali bergabung dalam Asian Para Games 2018, pada 6-13 Oktober 2018, di Jakarta.

"Kami akan berkonsultasi dengan pasangan kami Korea Utara langkah untuk membentuk satu tim dalam beberapa cabang olahraga pada Asian Para Games 2018. Tapi, sampai sekarang belum ada keputusan final," kata Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom, selepas rapat bersama Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC), di Jakarta, Jumat.

Kim berjanji akan mengomunikasikan kepada INAPGOC terkait keputusan penyatuan tim Korea Selatan dan tim Korea Utara dalam Asian Para Games ke-3 itu.

"Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Indonesia pada Agustus mendatang akan menampilkan tim tunggal Korea pada tiga cabang olahraga yaitu bola basket wanita, perahu naga, dan dayung," kata dia.

Sementara, Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari, menunggu segera informasi terkait kemungkinan penyatuan kedua kontingen Korea itu dalam satu tim pada beberapa pertandingan cabang olahraga Asian Para Games 2018.

"Kami tentu menyambut baik partisipasi dari berbagai negara Asia, apalagi jika hal itu baik bagi kemaslahatan dunia," kata dia.

Namun, INAPGOC akan tetap memberlakukan mekanisme pendaftaran atlet dan ofisial peserta Asian Para Games 2018 sesuai ketentuan dari Komite Paralimpiade Asia (APC).

"Terkait penambahan jumlah atlet yang dapat mendaftar dalam Asian Para Games itu menjadi kewenangan APC," kata dia. 

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018