Badung, 23/7 (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berpesan kepada atlet Indonesia untuk tetap berlatih jangan sombong dalam penyelenggaraan Asian Games Ke-18 di Jakarta-Palembang.

"Tetap semangat tetap berlatih, jangan sombong, kita harus tetap menjaga nama Indonesia," kata Puan usai prosesi Kirab Obor Asian Games 2018 di Pantai Kuta Bali, Senin.

Puan mengingatkan bahwa seluruh atlet dari tiap cabang olahraga dan tiap daerah berjuang bersama sebagai satu tim Indonesia.

"Nantinya semua atlet akan menjadi tim Indonesia. Tidak ada lagi cabang olahraga apapun, namun setiap bendera merah putih yang akan dikibarkan dan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan akan menjadi kemenangan tim Indonesia," kata Puan.

Puan yang telah menghadiri prosesi Kirab Obor Asian Games 2018 di lima kota berpendapat masyarakat Indonesia mulai antusias akan penyelenggaraan pesta olahraga tingkat Asia tersebut.

Menurut dia, Kirab Obor Asian Games 2018 berhasil mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa akan ada pesta olahraga se-Asia di Jakarta-Palembang 18 Agustus mendatang.

"Alhamdulillah sosialisasi ini sudah mulai hangat, semuanya mengetahui bahwa akan ada gawe Asian Games yang tinggal 27 hari lagi di 18 agustus akan datang. Jadi semuanya ini memang gaungnya harus terdengar seluruh Indonesia," kata Puan.

Dia menjelaskan pawai obor yang melintasi 54 kota di 18 provinsi juga sebagai bagian promosi pariwisata yang diharapkan bisa meningkatkan ekonomi daerah.

"Sebanyak 4?5 negara akan hadir, 16 ribu orang sudah teregister akan datang di Jakarta dan Palembang. Dan tentu saja setelah itu imbasnya akan datang ke seluruh Indonesia, khususnya Bali dan daerah-daerah pariwisata yang ada di Indonesia untuk bisa menaikan UKM dan ekonomi di daerah," kata Puan. 

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018