Jakarta (ANTARA News) - Obor Asian Games 2018 yang dibawa sejumlah atlet akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus 2018 di halaman Istana Merdeka Jakarta. 

"Ada dua kegiatan yang penyelenggaraannya bersamaan di bulan Agustus ini yaitu Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI dan penyelenggaraan Asian Games Ke-18," kata Mensesneg Pratikno di Jakarta,  Selasa.  

Menurut Pratikno, selain pameran benda seni koleksi Istana Kepresidenan RI,  terdapat momen yang istimewa yang tidak setiap tahun terjadi bersamaan dengan peringatan Kemerdekaan RI tahun 2018. 

Ia menyebutkan akan ada prosesi penyerahan obor Asian Games 2018 di halaman Istana Merdeka pada sore hari sebelum upacara penurunan bendera pusaka 17 Agustus 2018.

Obor Asian Games 2018 akan dibawa sejumlah atlet yang kemudian diserahkan kepada Presiden Jokowi. 

Prosesi itu merupakan bagian dari rangkaian perhelatan Asian Games 2018 yang akan secara resmi dibuka pada 18 Agustus 2018.

Sementara mengenai Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan,  Pratikno mengatakan pameran dalam rangka memperingati HUT Ke-73 Kemerdekaan RI akan digelar di Galeri Nasional Indonesia Jakarta pada 3-31 Agustua 2018.

Pameran akan menyuguhkan 45 karya seni baik lukisan,  patung,  maupun seni kriya dari 34 seniman Indonesia dan mancanegara. 

Penyelenggaraan pameran bertujuan mengajak masyarakat menikmati karya para seniman masa lalu yang memiliki nilai luhur,  keutamaan serta semangat perjuangan. 

Selain itu untuk menunjukkan eksistensi karya unggulan seniman Indonesia dan wujud komitmen Kemensetneg dalam merawat serta melestarikan karya seni unggulan masa lalu yang merupakan aset negara. 

Untuk memeriahkan pameran, sejumlah kegiatan pendukung telah disiapkan antara lain lomba lukis kolektif pelajar dari 34 provinsi,  kegiatan workshop menjadi apresiator seni terhebat yang akan diikuti pelajar wilayah DKI Jakarta.  

Pada pameran 2018 ini juga akan digelar stan photo booth sehingga para pengunjung dapat mengabadikan momen saat berkunjung ke Galeri Nasional untuk menikmati karya seni koleksi Istana Kepresidenan RI.

Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018