Jambi, (ANTARA News) - Delapan atlet kawakan asal Provinsi Jambi akan membawa api obor Asian Games 2018 secara bergantian mengelilingi Kota Jambi pada Jumat (2/8).

Kedelapan atlet senior asal Jambi itu adalah Eliaser Waterbosi (atletik), Olsen Tiger (polo air), Harry Maitimo (tinju), Baharuddin (silat),Rasima (dayung), Frisca Ira Wibowo (wushu), Helen (senam), dan Khaidir (atletik). Saat ini  mantan atlet itu  berprofesi pelatih dan wasit.

 Kepala Seksi Olahraga Prestasi Ronal dihubungi Antara, Kamis, mengatakan api obor Asian Games ketika sampai di Jambi akan dibawa 10 orang termasuk Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis As dan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto.

 "Secara estafet dibawa delapan mantan atlet Provinsi Jambi sesuai rute kirab obor di Jambi dan Sekda serta Kapolda orang terakhir membawa obor tersebut yang kemudian diserahkan ke Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar di lapangan kantor gubernur Jambi," kata Ronal.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto mengatakan pemerintah provinsi itu siap mensukseskan kirab obor Asian Games 2018 yang akan melintasi daerah itu pada 3 Agustus mendatang.

Dianto mengatakan, kirab obor Asian Games 2018 di Sumatera diawali dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan hingga Lampung.

Kemudian kirab obor akan kembali ke Pulau Jawa melintasi Banten, Jawa Barat, dan akan tiba di DKI Jakarta pada tanggal 15 Agustus.

"Kirab obor Asian Games XVIII 2018 akan berada di Provinsi Jambi pada 3 Agustus 2018 setelah sebelumnya berada di Sumatera Barat," katanya.

Dianto menjelaskan kirab obor Asian Games pertama akan disambut dan diarak dengan rangkaian kesenian tradisional.

Rombongan kirab obor ini akan didaulat sebagai tamu kehormatan dan akan disambut dengan tarian selamat datang yang akan dimulai di ruang VIP room Bandara Sultan Thaha Jambi.

"Kegiatan di sekitar kirab obor akan dikelilingi seluruh pesilat di Jambi yang akan mengawal serta menampilkan tarian kreasi baru. Pembawa obor akan didampingi oleh Bujang-Gadis Jambi dan kita akan mengupayakan yang terbaik bagi rombongan," kata Dianto.

Sementara berdasarkan data yang dihimpun, rute yang akan dilalui kirab obor Asian Games 2018 di Jambi yakni dimulai dari Bandara Sultan Thaha menuju Candi Muarojambi. Kemudian star di rumah dinas mengelilingi Kota Jambi dan finis di Kantor Gubernur Jambi.

(KR-DDS).

 

Pewarta:
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2018