Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengingatkan kembali bahwa Asian Games adalah kerja seluruh rakyat Indonesia, bukan hanya keberhasilan pemerintah pusat dan daerah saja. 

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat, Menko PMK melaporkan bahwa pelaksanaan kirab Obor Asian Games yang diselenggarakan di 18 provinsi dan 54 kota telah meningkatkan UKM masyarakat.

"Kami berharap, hal tersebut kembali terjadi saat Asian Games berlangsung," ujar Menko Puan.

Menko PMK mengikuti rapat terakhir pelaksanaan Asian Games 2018 yang dipimpin oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di ruang rapat Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Seluruh persiapan, baik arena maupun atlet sudah siap. Intinya Indonesia sudah siap menghadapi Asian Games 2018. Kita berdoa semoga semua berjalan dengan baik dan kita perlihatkan kemampuan kita membangun sarana dan berprestasi. Semoga persiapan tersebut bisa membanggakan bangsa Indonesia," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Rapat juga dihadiri oleh Chef de Mission Asian Games 2018, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Gubernur DKI Jakarta, Ketua Umum Inasgoc dan Ketua Umum KONI.

Baca juga: Jelajahi semangat Asian Games lewat koleksi Istana Kepresidenan

Tiap perwakilan yang hadir menyampaikan persiapan terakhir masing-masing bidang, seperti infrastruktur, keamanan, lalu lintas, pendukung acara, kondisi atlet, hingga operasional dan administrasi, yang mana seluruhnya sudah berjalan dengan baik.

Chief de Mission Asian Games 2018 Komjen Pol. Syafruddin melaporkan, seluruh kondisi atlet saat ini dalam keadaan yang sangat baik dan pada Minggu (5/8) direncanakan akan dilaksanakan pengukuhan atlet di Istora Senayan. 

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan sebanyak 34 sekolah yang berada di sekitar arena pertandingan Asian Games 2018 akan diliburkan selama 8 hari selama pelaksanaan Asian Games dan diganti dengan belajar di rumah.

Baca juga: Menko PMK buka pameran seni koleksi Istana

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018